Rabu, 8 Februari 2023

Airlangga Punya Prioritas Jadi Capres KIB

- Rabu, 7 Desember 2022 | 12:01 WIB
Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto, yang digadang - gadang menjadi prioritas di Koalisi Indonesia Bersatu (KIB) untuk mendapat jatah capres pada Pemilu 2024.
Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto, yang digadang - gadang menjadi prioritas di Koalisi Indonesia Bersatu (KIB) untuk mendapat jatah capres pada Pemilu 2024.

METROPOLITAN - Ketua Umum Partai Amanat Nasio­nal (PAN), Zulkifli Hasan, me­nyebut, Partai Golkar men­jadi prioritas di Koalisi Indo­nesia Bersatu (KIB) untuk mendapat jatah capres pada Pemilu 2024. Sebab, dalam koalisi tersebut, kedudukan Golkar menjadi yang terting­gi dari hasil Pemilu 2019.

“Prioritas ya tentu Golkar se­bagai pemenang pemilu nomor dua. Pak Airlangga prioritas, ya pantas, layak, pemenang pemilu nomor dua untuk jadi capres,” ujar Ketum Zulhas kepada wartawan, Senin (5/12).

Sementara itu, pengamat politik dari Akar Rumput Stra­tegic Consultant (ARSC), Ak­bar Nugraha, menilai, kom­petensi dan kualitas kepemim­pinan seorang capres meru­pakan faktor yang sangat penting khususnya pada Pilpres 2024. Baginya, Air­langga memiliki kekuatan kapasitas kepemimpinan yang dibutuhkan tersebut.

“Era setelah Jokowi menurut berbagai riset, Indonesia bu­tuh sosok pemimpin kapabel yang kompeten dalam me­mimpin bangsa dan negara, khususnya menghadapi si­tuasi geopolitik dan global ekonomi yang kritikal. Kami lihat salah satunya itu ada pada sosok Airlangga Har­tarto,” kata Akbar.

“Sosok ini cukup menarik dan mengejutkan kiprahnya. Ia mampu mengawal Indo­nesia sukses memimpin G20, mengawal perekonomian keluar dari ancaman krisis akibat pandemi. Sebagai ke­tum parpol, Airlangga juga berhasil memperkuat positio­ning Golkar dan berhasil pula membentuk KIB,” sam­bungnya.

Akbar mengungkapkan, tantangan bagi Airlangga ada­lah meningkatkan elektabili­tas. Meski faktor tersebut hanya sebagian dari variabel kompleks yang menentukan keputusan seseorang untuk menjadi capres, tetap tidak bisa diabaikan.

Selain itu, ada faktor lain yang lebih menen­tukan. Di antaranya, faktor otoritas dan kapasitas. Dari matriks perhitungan ini, dengan indikator kepe­mimpinan Airlangga di Partai Golkar dan KIB juga sebagai Menko Perekonomian, mem­buatnya bisa dikatakan rela­tif punya kapasitas ketimbang sosok-sosok lain yang masuk kandidat Capres 2024. (jp/ feb/py)

Editor: admin metro

Tags

Terkini

Bawaslu Tugaskan 500 Panwaslu di Kabupaten Bogor

Rabu, 8 Februari 2023 | 12:00 WIB

Surya Paloh Ngaku di Golkar sejak Usia 16 Tahun

Kamis, 2 Februari 2023 | 12:22 WIB

PPP Bidik Sebelas Kursi DPRD Jabar

Kamis, 19 Januari 2023 | 12:01 WIB

Koalisi PKB-Gerindra Diramal Bubar

Selasa, 17 Januari 2023 | 12:01 WIB
X