Sabtu, 28 Januari 2023

Festival Pencak Silat Cimande Hadirkan Jawara Luar Negeri

- Senin, 24 Juni 2019 | 08:55 WIB
AKRAB: Sejumlah pengurus Pencak Silat Cimande bersama unsur pemerintah dan kepolisian saat foto bersama.
AKRAB: Sejumlah pengurus Pencak Silat Cimande bersama unsur pemerintah dan kepolisian saat foto bersama.

METROPOLITAN - Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kabupaten Bogor kembali menggelar Festival Pencak Silat Cimande yang kelima. Kegiatan ini diselenggarakan di Padepokan Pusat Penca Silat Aliran Cimande (PPSAC), Desa Cimande, Kecamatan Caringin, sejak Sabtu hingga Minggu (22-23/6).

Kasi Kebudayaan di Disbudpar Kabupaten Bogor sekaligus Ketua Panitia Festival, Elly Karim, mengatakan, kegiatan ini menjadi agenda rutin disbudpar sebagai bagian dari upaya pemerintah dalam melestarikan budaya lokal dan mendorong potensi Penca Aliran Cimande sebagai potensi budaya dan Pariwisata.

Menurut dia, kegiatan ini mengundang perhatian dari pesilat luar negeri. Mereka datang dari Singapura, Belanda, Malaysia dan Tajikistan. Mereka menampilkan jurus-jurus Penca Aliran Cimande yakni Selancar dalam opening ceremony Festival Penca Silat Cimande. Sementara itu, Kepala Badan Promosi Pariwisata Kabupaten Bogor, Zainal Syafrudin, menuturkan, Pencak Silat Cimande sangat potensial dikembangkan sebagai potensi pariwisata Kabupaten Bogor. Ini selaras dengan pernyataan asisten Administrasi Setda Kabupaten Bogor Yos Sudrajat dalam sambutannya.

Menurut dia, Cimande merupakan kawasan potensial berkembang sebagai potensi sport tourism di Kabupaten Bogor. Ini selaras dengan brand pariwisata Kabupaten Bogor, The City of Sport and Tourism. Penca Aliran Cimande merupakan salah satu aliran pencak tradisional tertua di Indonesia. Pesilat-pesilat dari luar daerah bahkan dari luar negeri menunjukkan potensi yang sangat besar dari Penca Aliran Cimande.(*/rez/py)

Editor: Administrator

Tags

Terkini

Kunker ke Kota Kisarazu, Bima Arya Perkuat Kerja Sama

Senin, 28 November 2022 | 16:01 WIB

Bantu Korban Gempa Cianjur, Antam Turunkan ERG

Kamis, 24 November 2022 | 11:08 WIB
X