Minggu, 5 Februari 2023

Wah, Mantan Kades Nyalon Lagi di Ciseeng

- Selasa, 10 September 2019 | 09:32 WIB
SERU: Pembentukan panitia Pilkades Cibeutengudik, belum lama ini. Pelaksanan Pilkades di Kecamatan Ciseeng diprediksi bakal seru.
SERU: Pembentukan panitia Pilkades Cibeutengudik, belum lama ini. Pelaksanan Pilkades di Kecamatan Ciseeng diprediksi bakal seru.

METROPOLITAN - Meski masih dalam tahapan verifikasi dan validasi, Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) di Kecamatan Ciseeng diprediksi bakal berlangsung seru. Di lihat dari data daftar nama balon kades, ada empat desa yang bakal terjadi persaingan ketat. Keempat desa itu antara lainDesa Parigimekar, Karihkil, Putatnutug dan Kuripan.

Menurut seorang pengamat sosial politik dan pemerintahan WE. Swandana, kompetisi elektoral di beberapa desa yang ada di wilayah utara memang diprediksi akan berlangsung secara ketat. “Termasuk di wilayah Kecamatan Ciseeng. Karena di empat desa tersebut, balon kades petahana akan berhadapan dengan balon kades yang juga pernah menjabat sebagai kepala desa,” kemarin.

Swandana menilai, kemunculan para tokoh senior di lingkup politik elektoral tingkat desa memang sangat wajar. Menuritnya, ada berbagai faktor penyebab terkait hal tersebut, dan salah satu faktor utamanya adalah minimnya regenerasi kepemimpinan di desa.

“Eksistensi pemuda dalam hal kepemimpinan di tingkat desa, terutama dalam jabatan kepala desa, masih sangat jarang dan kurang sekali. Hal ini menjadikan figur tokoh tua dan pejabat lama kembali maju dalam kontestasi pilkades,” Jelas pria yang aktif sebagai dosen terbang beberapa universitas swasta, di Jakarta dan Tangerang ini.

Seperti diketahui, Pilkades serentak gelombang ketiga di Kabupaten Bogor, sudah dipastikan akan dilaksanakan pada 3 November 2019. Seiring berjalannya tahapan dan jadwal pelaksanaan Pilkades serentak, suasana dan nuansa politik gelaran pesta demokrasi tingkat desa ini mulai menghangat. Terutama pasca berakhirnya tahapan penjaringan dan pendaftaran bakal calon kepala desa (balon kades) yang resmi ditutup pada 24 Agustus 2019 lalu.

Ketua Pilkades tingkat Kecamatan Ciseeng, E. Rismawan mengungkapkan, hingga ditutupnya tahapan pendaftaran balon kades dari 9 Desa yang akan menggelar Pilkades, ada 47 orang yang resmi menyerahkan berkas persyaratan pendaftaran.

“Saat ini panitia pilkades tingkat desa, masih melakukan verifikasi dan validasi berkas – berkas persyaratannya. Hingga nantinya akan dilakukan penetapan dari bakal calon kades menjadi calon kades,” jelasnya. (pb/els)

Editor: Administrator

Tags

Terkini

Kunker ke Kota Kisarazu, Bima Arya Perkuat Kerja Sama

Senin, 28 November 2022 | 16:01 WIB

Bantu Korban Gempa Cianjur, Antam Turunkan ERG

Kamis, 24 November 2022 | 11:08 WIB
X