bisnis

Marketing Automation Tools Terbaik untuk Bisnis Fashion Online

Selasa, 13 Agustus 2024 | 10:40 WIB
Image by vectorjuice on Freepik (Image by vectorjuice on Freepik)

METROPOLITAN.ID - Sebagai pemilik usaha bisnis fashion online, kamu pasti tahu betapa banyak tugas yang perlu dikerjakan untuk menghasilkan revenue yang maksimal. Seiringan dengan meingkatnya jumlah produksi, kegiatan pemasaran juga menjadi semakin padat. Anehnya, dengan padatnya tugas yang perlu diselesaikan, masih ada pemilik bisnis yang menggunakan spreadsheet dibandingkan marketing automation tool yang lebih efisien.

 

Di tengah pertumbuhan bisnis yang kuat, strategi marketing yang efisien semakin dibutuhkan agar bisnis dapat berfokus pada aspek bisnis lain dengan seimbang. Penggunaan alat manual tentu menghambat proses tersebut, belum lagi data yang tidak akurat dan tersinkronisasi dengan baik. Untuk menyelesaikan masalah tersebut, berikut alat-alat marketing automation yang dibutuhkan bisnis fashion online untuk menjadi lebih produktif.

Mengapa Bisnis Online Membutuhkan Marketing Automation Tools?

Saat menjalankan bisnis melalui online, engagement merupakan salah satu aspek yang diperlukan untuk menarik pembeli. Sehingga, pemilik bisnis membutuhkan lebih dari satu media pemasaran. Dengan banyaknya media yang digunakan, tentunya akan semakin banyak tugas yang perlu diselesaikan dalam satu waktu. Jika pemilik bisnis hanya berfokus pada tugas-tugas repetitif seperti pengiriman pesan pemasaran, pelacakan leads, dan pembaruan data, maka aspek lain akan terbengkalai.

Sehingga, adanya marketing automation tool, pemilik bisnis dapat merasakan beberapa manfaat sekaligus, diantaranya yaitu,

  • meningkatkan efisiensi dan produktivitas tim pemasaran;
  • personalisasi pemasaran menjadi lebih mudah,
  • meningkatkan engagement pelanggan;
  • meningkatkan penjualan dan pendapatan;
  • analisis kinerja pemasaran menjadi lebih efektif dan akurat.

Alat marketing otomatis ini memang kaya akan manfaat. Namun, kita tidak boleh berhenti sampai sini, karena penggunaan alat ini bisa menjadi tidak efektif tanpa pemilihan yang tepat guna.

Kriteria Penting dalam Memilih Marketing Automation Tool

Sebelum membahas rekomendasi alat marketing automation secara spesifik, penting untuk mencari tahu lebih dalam tentang faktor-faktor penting yang perlu diperhatikan sebelum memilih marketing automation tool. Hal ini sebagai upaya untuk mencari tahu kriteria aplikasi seperti apa yang sesuai dengan bisnis fashion milikmu.

Fitur Esensial dari Alat Pemasaran

Fitur aplikasi merupakan faktor utama yang perlu kamu perhatikan dalam menentukan kriteria aplikasi yang sesuai. Pastikan fitur yang dimiliki aplikasi tersebut mampu memenuhi kebutuhan bisnis fashion online kamu. Berikut gambaran singkat fungsi aplikasi berdasarkan fiturnya.

  • Aplikasi email marketing, memfasilitasi bisnis dengan kustomisasi template email, otomatisasi pengiriman email serta A/B testing.
  • Software CRM, memfasilitasi bisnis dengan alat manajemen kontak yang dapat melacak interaksi, segmentasi pelanggan, serta scoring leads.
  • Aplikasi social media management, memfasilitasi bisnis dalam mengatur jadwal posting konten untuk kampanye.
  • Situs e-commerce, wadah bagi bisnis untuk menunjukkan produknya secara online dengan fitur tambahan seperti, fitur keranjang, pembayaran serta ulasan produk.
  • Sistem analitik, memfasilitasi bisnis dengan laporan yang komprehensif dan visualisasi data yang lengkap.

Kemudahan Penggunaan Alat

Selain fitur yang mampu memenuhi kebutuhan, pastikan alat yang kamu pilih mudah untuk dimengerti penggunaannya. Kemudahaan penggunaan ini didukung oleh beberapa faktor seperti,

  • tampilan antarmuka yang sederhana, dan intuitif sehingga mudah di navigasikan;
  • memiliki kurva pembelajaran yang tidak terlalu curam, sehingga dapat dikuasai dengan mudah oleh tim pemasaran;
  • penyedia aplikasi memberikan panduan pengguna yang jelas dan lengkap.

Fleksibilitas Alat Pemasaran

Faktor ketiga dalam menentukan kriteria alat yang tepat adalah fleksibilitas. Pastikan alat pemasaran yang akan kamu pilih menawarkan kustomisasi aplikasi yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan bisnismu. Selain itu, skalabilitas aplikasi juga perlu dipertimbangkan. Apakah alat yang akan kamu pilih tersebut dapat mengakomodasi pertumbuhan bisnismu atau tidak.

Harga yang Ditawarkan Penyedia Alat Pemasaran

Pertimbangkan harga yang ditawarkan oleh penyedia alat pemasaran yang akan kamu pilih. Penyedia alat pemasaran biasanya menyediakan beberapa paket sesuai kebutuhan bisnis, banding antar paket agar fitur yang termasuk dalam paket dapat dimanfaatkan dengan maksimal. Periksa pula apakah ada biaya tambahan untuk setiap fitur yang kamu butuhkan.

Dukungan Pelanggan yang Disediakan Penyedia Alat Pemasaran

Faktor terakhir adalah dukungan pelanggan. Terkadang, akan ada masalah tidak terduga yang mungkin kamu hadapi saat menggunakan alat pemasaran, dan dibutuhkan penyelesaian yang cepat agar operasional bisnis tetap berjalan dengan efektif. Sehingga, untuk menghindari hal tersebut pilihlah penyedia alat pemasaran dengan dukungan pelanggan yang responsif dan mudah dihubungi. Dalam hal ini, kamu dapat melakukan survey melalui dokumentasi penyedia, forum bisnis, maupun komunitas pengguna yang disediakan oleh penyedia.

Marketing Automation Tools untuk Mendukung Operasional Bisnis Fashion Online

Akhirnya, kita sampai pada pembahasan utama dari artikel ini, yaitu rekomendasi alat marketing automation yang dapat mengoptimalkan operasional bisnis kamu.

Software CRM (Customer Relationship Management)

Software CRM dalam pemasaran memiliki beberapa fungsi sebagai berikut:

Halaman:

Tags

Terkini

Update Harga Perak Hari Ini Minggu 21 Desember 2025

Minggu, 21 Desember 2025 | 17:06 WIB