METROPOLITAN - Memanfaatkan media sosial sebagai ajang bisnis memang tengah populer. Apalagi yang mengembangkan bisnisnya lewat Instagram. Pertanyaannya, bagaimana mengoptimalkan Instagram untuk berbisnis? Country Director Facebook Indonesia, Sri Widowati, mengatakan, Instagram memiliki 25 juta profil bisnis serta 2 juta pengiklan secara global. Dalam survei yang dilakukan Instagram, terdapat hampir 90 persen orang yang berkomunikasi dengan bisnis di Instagram. “Sebanyak 76 persen dari mereka itu membeli melalui bisnis di Instagram, yang tidak membeli juga tetap mencari di Instagram serta pengguna Instagram belajar bisnis melalui Instagram,” ujarnya. Banyak faktor yang membuat Instagram digandrungi pebisnis. Salah satunya pilihan fitur bisnis yang bisa dipakai secara gratis. Wido pun membagikan tips untuk memanfaatkan Instagram untuk bisnis. Pertama, menggunakan hastag atau tagar. Mencari di pencarian Instagram dengan hastag atau tagar merupakan salah satu cara yang tepat untuk menemukan banyak hal. ”Saat ini hastag merupakan senjata utama yang masih jarang digunakan, tapi kunci utamanya tetap menggunakannya dengan bijak,”ungkapnya. Namun, pelaku bisnis disarankan menghindari penggunaan hastag dengan jumlah yang terlalu banyak. “Ya usahakan menggunakan hastag khusus yang sesuai bisnis yang dijalankan,” pesannya. Kedua, pebisnis juga harus mempelajari Insight. Aplikasi besutan Facebook itu menyediakan Insight bagi setiap profil bisnis di Instagram. Kehadirkan fitur Insight bisa membantu bisnis memahami bagaimana karakteristik audiensnya dengan baik. “Melalui fitur Insight, pelaku bisnis bisa menemukan waktu yang tepat untuk mengunggah konten serta berapa banyak konten yang harus diposting dalam satu hari,” sebutnya. (de/ feb/py)