METROPOLITAN - Tingginya kebutuhan masyarakat yang ingin menservis kendaraannya jelang Hari Raya Idul Fitri, membuat kunjungan ke bengkel-bengkel resmi melonjak signifikan. Prinsipal otomotif merespons hal itu dengan menawarkan sejumlah diskon perbaikan dan perawatan kendaraan.
Aftersales Service Division Head PT Astra International-Daihatsu Sales Operation (AI-DSO), Lili Herman, mengatakan, program layanan jelang mudik Lebaran tahun ini digelar lebih awal. “Bengkel dan mekanik sudah siap melayani konsumen agar bisa mendapatkan kendaraan prima saat mudik,” ujarnya. Dalam layanan purnajual tersebut, Daihatsu memberikan diskon 15 persen untuk jasa perawatan berkala dan potongan hingga 50 persen untuk jasa pekerjaan kedua.
Service Department Head AI-DSO, Ratno Yunanto, menuturkan, program itu digelar Daihatsu setiap tahun. ”Keberhasilan Daihatsu dalam mempertahankan peringkat kedua market share penjualan otomotif di Indonesia 10 tahun berturut-turut adalah bukti kepuasan konsumen,” paparnya.
Berdasarkan data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), Daihatsu berada di urutan kedua penjualan otomotif nasional 10 tahun belakangan di bawah Toyota. Angka penjualan dan pangsa pasar juga terus positif. Sepanjang 2018, total penjualan ritel Daihatsu naik menjadi 200. Sebanyak 178 unit dengan pangsa pasar 17,4 persen. (jp/feb/py)