Senin, 22 Desember 2025

XL Axiata Teken Kerja Sama dengan Cloudera.Inc

- Jumat, 15 Januari 2021 | 19:01 WIB

PT XL Axiata Tbk (XL Axiata) menjalin kerja sama dengan Cloudera.Inc., (NYSE: CLDR), perusahaan penyedia data cloud untuk enterprise, untuk meningkatkan penggunaan data analitik dalam upaya memaksimalkan kinerja bisnis. DENGAN memanfaatkan platform manajemen data cloud-agnostic dari Clou­dera, manajemen XL Axiata berharap dapat menggunakan teknologi data, analitik, Mach­ine Learning (ML), dan Arti­ficial Intelligent (AI) untuk mendapatkan gambaran menyeluruh 360 derajat mengenai pelanggan, men­gurangi churn, meningkatkan kinerja jaringan, dan mendo­rong inovasi. Langkah itu sebagai bagian dari transfor­masi digital yang terus dipa­cu manajemen XL Axiata. Director & Chief Commer­cial Officer XL Axiata David Arcelus mengatakan, XL Axiata memiliki visi menjadi penyedia konektivitas data yang paling dipilih oleh peng­guna di Indonesia dengan integritas yang tinggi. Dengan teknologi dari Unscrambl dan platform Clou­dera, kini kami dapat mengelo­la data secara lebih efektif, di mana pengguna (user) yang paling non-teknis sekalipun bisa mengakses data dan menggali insight yang diper­lukan untuk mengambil ke­putusan berbasis data secara cepat. “Kami berharap kemitraan yang sangat strategis ini akan mampu mendorong kema­juan bisnis dan menghasilkan produk dan layanan yang lebih baik bagi pelanggan kami,” terangnya. Saat ini XL Axiata mengan­dalkan Synapse, platform sharing di grup perusahaan, untuk membangun kultur berbasis data. Fitur kunci di Synapse adalah qbo Insights, sebuah tool self-service con­versational berbasis AI dari Unscrambl (partner Clou­dera) yang ditenagai platform Cloudera. Dengan tool ini, para peng­guna platform bisa bertanya seputar bisnis (seperti revenue, jumlah pelanggan, penggu­naan dan konsumsi) dan se­gera mendapat data yang mereka butuhkan, kapan saja, dan di mana saja. Beberapa manfaat yang bisa didapatkan dari Synapse antara lain adalah dengan sistem ini, 90 persen perta­nyaan yang diajukan terjawab dalam waktu kurang dari lima detik, sisanya dalam kisaran satu menit saja, tergantung pada kompleksitas pertanya­annya. Kemudian, tool ini meny­ediakan akses instan kepada business user yang membu­tuhkan data di mana saja dan kapan saja dan ini sangat membantu di tengah pem­batasan sosial akibat Covid-19. Berkat algoritma berbasis ML/ AI, pengguna juga bisa mela­kukan factor analysis hanya dalam hitungan detik. Selain itu, tool ini juga mam­pu mengurangi ketergan­tungan kepada tim TI, sistem itu digunakan hampir semua departemen yang membutu­hkan data sehingga mengha­silkan satu single source of truth bagi keseluruhan orga­nisasi. XL Axiata juga tak perlu be­rinvestasi lagi pada data stack yang baru tapi cukup dengan memanfaatkan ekosistem yang sudah ada, dalam hal ini plat­form Cloudera, dan mengha­dirkan data kepada lebih dari 100 user. “Terjadinya pandemi Covid-19 telah menyebabkan lonjakan layanan yang signifikan bagi seluruh operator telekomuni­kasi di Indonesia. Di tengah demand yang tinggi, tantan­gannya adalah bagaimana lebih cepat menghasilkan produk dan layanan yang customer-centric dan menarik di tengah pembatasan sosial,” kata Country Manager Clou­dera Indonesia Fanly Tanto. “Kami bangga dapat men­dukung XL Axiata mencapai demokratisasi data melalui platform Cloudera yang men­dukung analisis multi-function, aman, governed, sekaligus merupakan open platform yang menyajikan fleksibilitas dan skalabilitas yang tinggi,” tandasnya. (*/feb/run)

Dilarang mengambil dan/atau menayangkan ulang sebagian atau keseluruhan artikel
di atas untuk konten akun media sosial komersil tanpa seizin redaksi.

Tags

Terkini

Update Harga Perak Hari Ini Minggu 21 Desember 2025

Minggu, 21 Desember 2025 | 17:06 WIB
X