Senin, 22 Desember 2025

Pakar: McD Coba Regenerasi Brand lewat BTS Meal

- Jumat, 11 Juni 2021 | 18:01 WIB

METROPOLITAN - Peru­sahaan makanan cepat saji McDonald’s menggandeng grup idola BTS telah mengelu­arkan produk menu baru yakni BTS Meal di Indonesia. Produk tersebut disambut sangat antusias para peng­gemar BTS dengan menu McNuggets plus dua saus dengan kemasan desain khu­sus. Animo masyarakat yang tinggi berdampak pada laya­nan pesan antar McDonald’s di beberapa wilayah, bahkan menimbulkan antrean panjang ojek online yang memakan waktu lama hingga lebih dari dua jam. Pakar Marketing Yuswo­hady mengatakan, strategi pemasaran yang digunakan McDonald’s adalah strategi pemasaran horizontal yang memanfaatkan target audience dalam hal ini konsumen dengan informasi dari mulut ke mulut. “Pendekatan horizontal in­formasi dari mulut ke mulut memanfaatkan BTS dan me­reka bikin produk,” ujarnya, Kamis (10/6). Ketika produk tersebut di­rilis, lanjutnya, langsung di­serbu para penggemar BTS di Indonesia sehingga me­nimbulkan antrean yang pan­jang. Produk yang hanya dapat diperoleh melalui pesan antar pun menimbulkan fe­nomena viral di media sosial. “Kalau dibatasi menimbul­kan kelangkaan. Kemudian orang nyari dan kemudian posting di sosial media untuk membuktikan mereka sudah mendapatkannya dan viral itu terjadi,” ungkapnya. Yuswohady memaparkan, dampak yang ditimbulkan dari strategi pemasaran ter­sebut meluas. Mulai dari pendapatan McDonald’s itu sendiri hingga para driver ojek online. “Karena kan hanya melay­ani pesan antar, jadi semua kena. McD untung, driver online pendapatannya juga untung. Karena yang antre di gerai kan bukan konsumen tapi driver ojol,” imbuhnya. Menurutnya, strategi ini dalam jangka panjang dapat diliat sebagai upaya merege­nerasi merek. Sebab, perusa­haan tersebut tergolong brand tua di Indonesia. Yuswohady melihat, melalui strategi pemasaran yang me­manfaatkan penggemar BTS, perusahaan mencoba menja­ring konsumen milenial yang lebih muda. “Bisa berjalan terus penda­patan di bagi antara mcd dan ojol, jadi kuenya merata. Bis­nis online delivery bagus ke ojol. Di samping itu ayamnya itu lokal pemasoknya juga tumbuh tapi direct lebih ke ojol,” pungkasnya. (jp/feb/run)

Dilarang mengambil dan/atau menayangkan ulang sebagian atau keseluruhan artikel
di atas untuk konten akun media sosial komersil tanpa seizin redaksi.

Tags

Terkini

Update Harga Perak Hari Ini Minggu 21 Desember 2025

Minggu, 21 Desember 2025 | 17:06 WIB
X