METROPOLITAN - Pandemi Covid-19 di Indonesia berjalan lebih dari satu setengah tahun dan berdampak cukup signifikan terhadap perkembangan dunia bisnis dan industri. Salah satunya pada bisnis produk peralatan elektronik rumah tangga. Menghadapi sistuasi tersebut, produsen elektronik rumah tangga AQUA Japan menerapkan strategi menyesuaikan kinerja perusahaan di masa pandemi Covid-19. Hal itu disampaikan Presiden Direktur AQUA Japan Indonesia, Kenji Sadayuki. Ia mengatakan, saat ini Indonesia tengah berada pada pembatasan kegiatan masyarakat, sehingga berdampak kepada ekonomi termasuk industri elektronik. Hal tersebut adalah tantangan bagi kami, namun AQUA Japan tidak akan berhenti untuk terus berinovasi. “Produk-produk kami pun terus disesuaikan dengan kebutuhan masyarakat, salah satunya kebutuhan akan produk dan fitur yang berfokus pada kesehatan. Komitmen kami ialah terus berinovasi dalam mendukung kesehatan tubuh, pikiran dan jiwa seluruh konsumen,” katanya saat Media Kick-off AQUA Japan yang digelar virtual, Rabu (8/9). Sementara itu, Head of Product Planning AQUA Japan, Meiriano Ullman, menjelaskan selama 2021 AQUA Japan telah menyiapkan berbagai puluhan produk sebagai bentuk komitmen dalam menjawab kebutuhan konsumen. “Tahun ini kami rencananya akan meluncurkan total 43 SKU produk mulai dari lemari es, mesin cuci, air conditioner, TV, chest freezer hingga showcase cooler,” jelasnya. “Produk-produk terbaru ini kaya akan inovasi dan yang terpenting memberikan fitur dan fungsi yang berkaitan dengan kesehatan, sebagai salah satu faktor utama saat ini di masa pandemi,” sebut Rian. Beberapa produk unggulan yang diluncurkan dan sarat dengan inovasi antara lain kulkas side by side AQR- 605IG(GB), mesin cuci FQD- 1050BF, AC AQA-KCRV10WP, Smart Android TV LE55AQT7000QU, freezer AQF 450EC dan showcase AQB-340AB . Di sisi lain, AQUA Japan akan terus berusaha meningkatkan pertumbuhan penjualan dari seluruh jenis saluran distribusi yang ada saat ini, dan memberikan layanan perpanjangan garansi bagi produk-produk AQUA Japan. Hal itu diungkapkan General Manager Dales AQUA Japan, Yudistiro. Menurutnya, jaringan distribusi penjualan kami saat ini sangat luas, dimana produk-produk AQUA Japan saat ini ada di lebih dari 85 persen market network di Indonesia. Luasnya jaringan distribusi penjualan ini juga merupakan salah satu cara agar AQUA Japan semakin dekat dengan konsumen.(ryn/run)