METROPOLITAN - Salah satu lini kendaraan komersial dari Mitsubishi L300 pikap yang masih bisa bertarung di pasar Indonesia. Meskipun tampilannya masih mempertahankan model lama, namun diklaim memiliki kapabilitas dan kemampuan andal. Tak sedikit pengusaha yang tatap setia memakai produk Mitsubishi. Untuk diketahui, lebih dari 40 tahun mobil berdesain sederhana ini dikenal sangat tangguh, baik mesin maupun sistem suspensinya. Bila bicara penjualan L300 tak pernah surut waluapun tampilannya masih sama. Banyak pengguna yang beralasan kalau desain memang bukan menjadi masalah utama sebagai mobil niaga (angkutan barang). Mitsubishi Colt L300 pertama kali diperkenalkan di Jepang pada 1979. Dua tahun kemudian baru Colt L300 resmi hadir di Indonesia hanya ada satu varian L300, yaitu varian bensin 1,4 liter. Mitsubishi mempertahankan varian ini selama tiga tahun lamanya. Pada 1984, Mitsubishi mengeluarkan varian L300 dengan mesin dieseldengan tenaga yang lebih kecil daripada mesin bensin. Mobil legendaris ini hanya mampu menyemburkan tenaga 65 ps di putaran 4.200 rpm. Namun, L300 diesel memiliki torsi yang lebih besar dengan 137 Nm pada 2.000 rpm. Kubikasi versi diesel ini pun cukup besar, yakni 2,3 liter. Ia socok untuk mobil angkut barang. Empat tahun mesin diesel ini bertahan, namun mengalami peningkatan kubikasi menjadi lebh besar 2,5 liter menggunakan mesin berkode 4D56 Astron yang menghasilkan tenaga lebih besar lagi. Tak tanggung-tanggung, spesifikasi bore-nya 91,1 mm dan stroke 95 mm. L300 varian diesel mampu menyemburkan daya puncak 74 PS di putaran 4.200 rpm dan torsi maksimal 142 Nm pada 2.500 rpm. Pada 2000, Mitsubishi memutuskan untuk tidak lagi menjual varian bensin. Varian mesin diesel dengan kode 4D56 justru bertahan hingga saat ini dan menjadi primadona kendaraan niaga ringan. Mitsubishi Colt L300 saat ini tetap mempertahankan desain sederhana namun tangguh di jalanan. L300 hadir dalam tiga varian, yakni Cab Chassis, Pikap Standart Deck, dan Pikap Flat Bed. Dilengkapi dengan berbagai keunggulan lainnya seperti total biaya kepemilikan yang baik, kemudahan dalam sisi penjualan maupun purna jual, dan yang sudah melegenda yaitu ketangguhannya yang telah teruji di segala medan. Mitsubishi L300 telah memimpin pasar kendaraan small pick-up selama empat dekade di wilayah Jawa Barat dan Jawa Tengah. Prestasi tersebut semakin membuktinya bahwa produk ini memenuhi kebutuhan dan juga harapan para konsumen sehingga mendapatkan kepercayaan yang tinggi dan menjadi market leader di kelasnya. Sepanjang semester pertama 2021, L300 terjual lebih dari 13 ribu unit. Kendaraan niaga di segmen lain, yakni Pikap 4×4 Mitsubishi Triton, mempertahankan posisi teratas dengan pangsa pasar lebih dari 61 persen yang terjual 947 unit. Menurut PT MMKSI, Mitsubishi L300 cocok dengan kebutuhan pasar, khususnya usaha kecil menengah (UKM) yang sedang bertumbuh di Indonesia. Dibanderol mulai rentang Rp189,5 juta hingga Rp194 juta. Sangat kompetitif dibandingkan kompetitor lainnya. Saat ini pada interior dari Mitsubishi L300 sangat modern karena dilengkapi dengan audio head unit dan power steering. Selain itu kabinnya luas dan lega. Dimensi cargo bed yang dimiliki Mitsubishi L300 (P x L x T) adalah 2.430 mm x 1.600 mm x 360 (standard) 310 (flatbed) mm. Dimensi ini membuat cargo bed Mitsubishi L300 mampu mengangkut beban hingga 1,26 ton. Mitsubishi L300 dilengkapi banyak pilihan kargo yang bisa disesuaikan dengan pilihan bisnis konsumen. Dengan kata lain mobil ini merupakan nafas para pengusaha Indonesia. (jp/feb/ run)