Minggu, 21 Desember 2025

Sabtu Ini Tarif Tol Dalam Kota Naik

- Kamis, 24 Februari 2022 | 18:30 WIB

METROPOLITAN - Dua peng­elola jalan tol melakukan penye­suaian tarif tol dalam kota. Dua ruas itu yakni ruas Cawang- Tomang-Pluit yang dikelola PT Jasa Marga (Persero) Tbk; dan Cawang-Tanjung Priok-Ancol Timur-Jembatan Tiga/Pluit yang dikelola PT Citra Marga Nusap­hala Persada (CMNP) Tbk. Penyesuaian tarif ini sesuai Keputusan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Ra­kyat (PUPR) No. 74/ KPTS/M/2022 tanggal 31 Ja­nuari 2022. Kenaikan tarif ter­sebut akan mulai berlaku pada 26 Februari 2022, pukul 24:00 WIB. Berdasarkan Keputusan Men­teri PUPR tersebut, penyesu­aian tarif jalan tol dalam kota Jakarta mengalami kenaikan sebesar Rp500 untuk setiap golongan. Golongan I menjadi Rp10.500, golongan II menjadi Rp15.500, golongan III menjadi Rp15.500, golongan IV menjadi Rp17.500, dan golongan V menjadi Rp17.500. Penyesuaian tarif tol telah diatur dalam Pasal 48 ayat (3) Undang-Undang (UU) Nomor 38 Tahun 2004 tentang Jalan dan Pasal 68 ayat (1) Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 15 Tahun 2005 tentang Jalan Tol dengan perubahan terakhir pada PP Nomor 17 Tahun 2021. Berdasarkan regulasi tersebut, evaluasi dan penyesuaian tarif tol dilakukan setiap dua tahun sekali berdasarkan pengaruh laju inflasi. Adapun penyesu­aian tarif jalan tol dalam kota Jakarta berdasarkan pada in­flasi periode periode 1 Novem­ber 2019 hingga 30 November 2021 sebesar 3,03 persen. Penyesuaian tarif ini juga di­perlukan sebagai wujud kepas­tian pengembalian investasi bagi badan usaha jalan tol sesuai rencana bisnis, membangun dan menjaga iklim investasi jalan tol di Indonesia yang kondusif, serta menjaga dan meningkatkan level pe­layanan di jalan tol. “Penyesuaian tarif ini tentu­nya tidak terlepas dari komitmen Jasa Marga dan PT CMNP un­tuk selalu melakukan perbaikan guna peningkatan pelayanan yaitu dalam bidang transaksi, lalu lintas dan konstruksi. Pe­ningkatan pelayanan tersebut dilakukan sebagai upaya mem­berikan keamanan, kenyama­nan dan keselamatan kepada pengguna jalan tol,” kata Jasa Marga Metropolitan Tollroad Regional Division Head, Rad­dy R Lukman, kemarin. Raddy mengaku pihaknya konsisten melakukan upaya-upaya peningkatan layanan termasuk di bidang transaksi, lalu lintas dan konstruksi. Pe­ningkatan layanan transaksi di antaranya adalah melakukan penambahan gardu operasi dalam rangka meningkatkan kapasitas transaksi di GT Se­manggi 1 dengan 2 unit Oblique Approach Booth (OAB) serta penggantian jaringan Fiber Optic untuk peningkatan ki­nerja komunikasi perangkat CCTV, VMS, dan Data Trans­aksi. Hal senada juga dikatakan Direktur CMNP, Hasyim men­gatakan, pihaknya akan me­ningkatkan pelayanan kepada pengguna jalan baik dari tran­saksi di gerbang tol, pelayanan lalu lintas maupun peningka­tan kualitas jalan. “CMNP juga berencana un­tuk menambah sejumlah unit CCTV di sepanjang ruas Tol Ir Wiyoto Wiyono MSc guna meningkatkan point of view petugas Sentral Komunikasi agar dapat memberikan re­spons lebih cepat di jalan tol,” tuturnya. Hasyim menambahkan CMNP telah membangun tanggul banjir Simpang Susun Cawang di ramp Cikampek– Tanjung Priok untuk memi­nimalisasi banjir yang mungkin terjadi saat curah hujan ting­gi. Selain itu CMNP juga telah menambah pompa pengen­dali banjir agar genangan yang terjadi saat musim hujan tiba dapat segera teratasi. (jp/els/ run)

Dilarang mengambil dan/atau menayangkan ulang sebagian atau keseluruhan artikel
di atas untuk konten akun media sosial komersil tanpa seizin redaksi.

Tags

Terkini

Update Harga Perak Hari Ini Minggu 21 Desember 2025

Minggu, 21 Desember 2025 | 17:06 WIB
X