METROPOLITAN - Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) memastikan bakal menggelar acara Jakarta Auto Week pada 12–20 Maret mendatang di Jakarta Convention Center (JCC), Senayan. Pameran tersebut diklaim bakal fokus mendorong penjualan sembari memanfaatkan program relaksasi Pajak Pertambahan Nilai Barang Mewah Ditanggung Pemerintah atau PPnBM DTP yang diperpanjang pemerintah untuk menggenjot pasar otomotif Tanah Air. “Relaksasi PPnBM secara signifikan telah mendorong penjualan di sektor industri otomotif Indonesia, namun kebijakan tersebut akan berangsur berkurang. Oleh karena itu, konsep Jakarta Auto Week sebagai ajang promo otomotif adalah upaya kami untuk tujuan yang sama, untuk dapat secara maksimal memicu penjualan otomotif secara masif diawal tahun ini,” ujar Ketua Umum Gaikindo Yohannes Nangoi melalui keterangan resminya. Nangoi menjelaskan Jakarta Auto Week 2022 akan menjadi ajang yang tepat untuk memanfaatkan masih berlakunya kebijakan relaksasi PPnBM. Pengunjung juga dapat menikmati berbagai promo lainnya yang ditawarkan para peserta Jakarta Auto Week, di antaranya Daihatsu, Honda, Hyundai, Isuzu, KIA, Lexus, Mazda, MG, Mitsubishi Motors, Nissan, Suzuki, Toyota, dan Wuling serta industri pendukung otomotif lainnya. Nangoi menyebut Jakarta Auto Week akan menjadi daya tarik bagi para pengunjung, namun Gaikindo kembali menekankan bahwa Jakarta Auto Week akan tetap diselenggarakan dengan protokol kesehatan ketat. Pengunjung yang hadir harus memastikan telah memenuhi beberapa syarat. Untuk pengunjung yang berusia 12 tahun ke atas telah memenuhi vaksin lengkap 2x dosis dan minimal 1x dosis untuk anak berusia 6–12 tahun, serta telah terdaftar di aplikasi PeduliLindungi. Ketua III sekaligus Ketua Penyelenggara Pameran Gaikindo Rizwan Alamsjah menyampaikan bahwa pengunjung pameran Jakarta Auto Week akan berjalan menyesuaikan dengan protokol kesehatan yang ketat sesuai dengan kebijakan pemerintah yang diberlakukan. “Sebagai salah satu cara memastikan terjaganya protokol kesehatan, tiket Jakarta Auto Week hanya akan tersedia secara online pada aplikasi Auto360, yang tersedia pada Appstore dan Playstore,” ungkap Rizwan. (jp/feb/run)