METROPOLITAN.ID - Pemerintah Kota atau Pemkot Bekasi diganjar piagam penghargaan predikat kepatuhan pelayanan publik tahun 2022 dari Ombudsman RI.
Kedatangan tim dari Ombudsman RI untuk menyerahkan hasil rekapitulasi penilaian penyelenggaraan penilaian pelayanan publik Pemerintah Daerah Tahun 2022 langsung diterima oleh Pelaksana Tugas (Plt) Wali Kota Bekasi Tri Adhianto di ruang kerjanya.
Didampingi oleh Asisten Pemerintahan, Lintong Dianto, Kepala Dinas Kesehatan, Tanti Rohilawaty, Kepala DPMPTSP, Dicky Irawan, Kepala Disdukcapil, Taufik Rahman, Sekretaris Dinas Pendidikan, Deded Kusmayadi, Kepala Bagian Organisasi, Lusi dan Kepala Bagian Humas, Amsiyah.
Baca Juga: Sidak, Satpol PP Kota Bekasi Dapati 10 ASN Ngemal Saat Jam Kerja
Tim Ombudsman RI dihadiri oleh Dedi Irsan sebagai Kepala Perwakilan, Dika Arlita sebagai Kepala Asisten Pencegahan Tessa Khairiah, Staff Kesetjenan dan Luthfi Akbar, Staff Kesetjenan.
Disebutkan hasil dari rekapitulasi penilaian tersebut yang dilakukan observasi dari Bulan Agustus - November 2022, mengenai penilaian untuk Pemkot Bekasi unit layanan ada 7 Perangkat Daerah.
Diantaranya Dinas Kesehatan, Dinas Kependudukan Catatan Sipil, Puskesmas Karang Kitri, Dinas Pendidikan, Puskesmas Jatibening, Dinas Sosial dan DMPTSP.
Telah dilakukan observasi dengan total nilai kepatuhan sebesar 83,18 dengan kategori B dan opini Kualitas Tinggi, piagam penghargaan diserahkan kepada Plt Wali Kota Bekasi Tri Adhianto dari tim
Dijelaskan oleh Dedi Irsan, tujuannya sebagai bentuk inovasi pengawasan pelayanan publik, pada tahun 2022, Ombudsman melakukan penyempurnaan penilaian penyelenggaraan pelayanan publik.
Pada tahun ini penilaian diperluas kepada pengukuran kompetensi penyelenggara, pemenuhan sarana dan prasarana, standar pelayanan serta pengelolaan pengaduan. Semua komponen tersebut menjadi penilaian kepatuhan penyelenggaraan pelayanan publik tahun ini.
Baca Juga: Ratusan Siswa Antusias Ikuti Seminar MK IPB Batch 2, Buka Kunci Sukses Masuk IPB University
Dengan demikian penilaian tersebut diharapkan dapat menjadi lebih komprehesif dalam menakar mutu pelayanan publik.
Plt Wali Kota Bekasi Tri Adhianto mengungkapkan rasa bangga karena langsung menerima penghargaan ini dan akan semakin semangat dalam menjadikan pelayanan publik sebagai pelayanan yang sangat prima.