METROPOLITAN - Ikatan Pemberdayaan Pedagang Kecil Indonesia (Ippkindo) mengadakan Gebyar Ippkindo 9th Expo. Acara bertema UKM Goes Digital itu diselenggarakan untuk mendorong kinerja serta memperkenalkan karya UKM dalam negeri.
”Pameran kesembilan ini memang tidak terlalu besar, tapi kami berharap produk-produk ini cukup unik dan wakili kearifan lokal,”kata Ketua Umum Ippkindo Titi Cacuk Sudarijanto di JCC, Jakarta, Jumat (21/6). Ia mengatakan, pada gelaran kali ini Ippkindo berharap bahwa hasil karya anggotanya dapat mulai memasuki pasar ekspor.
Karena itu, pihaknya mengundang perwakilan dari sejumlah negara. ”Kami juga mengundang perwakilan negara sahabat ASEAN, Jepang, Australia dan Ekuador. Dengan kehadiran negara sahabat itu jadi motivasi peserta pameran untuk memanfaatkan even ini memperoleh peluang pasar yang lebih luas,” ujarnya.
Sementara Dirjen Industri Kecil Menengah dan Aneka Kemenperin Gati Wibawaningsih mengaku pihaknya mengapresiasi langkah yang dilakukan Ippkindo. Sebab, itu membantu promosi produk-produk lokal. ”Ini merupakan perpanjangan tangan dari pemerintah. Acara ini tidak sendirian membuat pameran, tetapi bisa bekerja sama dengan kementerian lain atau Ippkindo. Ibu-ibu Ippkindo ini harus diacungi jempol karena usia lebih dari saya tetapi masih giat,”ucapnya.
Pemerintah, terutama Kementerian Perindustrian, bakal terus mencari cara untuk mengembangkan dan meningkatkan potensi UKM Indonesia.”Kami dari Kementerian Perindustrian termotivasi kembali untuk membina IKM memproduksi produknya untuk lebih baik supaya bisa terserap dengan baik,” tandasnya. Sebagai informasi, pameran tersebut menghadirkan sejumlah produk unggulan, seperti produk tekstil, kuliner, kerajinan tangan, serta roduk agro dan perikanan. (de/feb/run)