Setiap 4 September diperingati sebagai Hari Pelanggan Nasional. Hal ini sebagai upaya kolaborasi antarpemerintah, pelaku usaha dan masyarakat dalam menciptakan konsumen berdaya serta pelaku usaha yang bertanggung jawab. PERUMDA Air Minum Tirta Kahuripan Kabupaten Bogor yang merupakan perusahaan daerah yang melayani masyarakat dalam menyalurkan air bersih sebagai sektor penting dalam kehidupan sehari-hari ikut berinovasi demi meningkatkan kualitas pelayanan kepada pelanggan. Sejalan dengan Pasal 33 Ayat (3) UUD 1945 bahwa air dikuasai negara dan digunakan untuk kemakmuran rakyat secara adil dan merata, sehingga dapat memberikan manfaat kesejahteraan bagi seluruh rakyat yang mencakup aspek sosial, kesehatan dan pelayanan umum. ”Pada peringatan Hari Pelanggan Nasional kali ini secara khusus dipersembahkan untuk pelanggan sebagai apresiasi pelayanan yang optimal, meskipun diselenggarakan di tengah pandemi Covid-19,” terang Direktur Utama Perumda Air Minum Tirta Kahuripan Kabupaten Bogor, Hasanudin Tahir. Kegiatan tersebut, sambung dia, dihadiri Dewan Pengawas, Direksi beserta jajaran Perumda Air Minum Tirta Kahuripan yang disiarkan secara virtual melalui aplikasi Zoom dengan pegawai yang tidak menghadiri secara langsung. Pada momentum peringatan Hari Pelanggan Nasional, Perumda Air Minum Tirta Kahuripan Kabupaten Bogor meluncurkan aplikasi “Si Cantik” dan Call Center 1500–412. ”Adanya Call Center ini dapat menjadi media untuk memberikan bantuan serta informasi layanan bagi pelanggan dan calon pelanggan,” bebernya. Hasanudin Tahir menjelaskan, layanan Call Center Perumda Air Minum Tirta Kahuripan dapat dihubungi di nomor 1500–412. Selain itu, juga menghadirkan inovasi berbasis android, yaitu Aplikasi Si Cantik. ”Aplikasi ini bisa menjadi sarana bagi pelanggan untuk mendapatkan informasi terkait tagihan rekening air, menerima pengaduan, menjadi sumber informasi terkini tentang perbaikan yang sedang dilaksanakan petugas dan dapat melaporkan pembacaan meter air secara mandiri oleh pelanggan,” bebernya. Setelah diluncurkannya kedua inovasi pelanggan tersebut, diharapkan dapat mempermudah dan membantu pelanggan untuk mendapatkan akses informasi terkait Perumda Air Minum Tirta Kahuripan Kabupaten Bogor. “Setiap permintaan informasi maupun pengaduan pelanggan harus ditanggapi segera. Salah satunya harus didukung dengan teknologi demi mengoptimalkan pelayanan kepada masyarakat,” pungkas Hasanudin.(*/eka/ py)