metro-bogor

Perumda Air Minum Tirta Kahuripan Kabupaten Bogor Peringati Hari Pelanggan Nasional, Direksi Resmikan Call Center dan Aplikasi Si Cantik

Selasa, 7 September 2021 | 11:01 WIB

Setiap 4 September diperingati sebagai Hari Pelanggan Nasional. Hal ini sebagai upaya kolaborasi antarpemerintah, pelaku usaha dan masyarakat dalam menciptakan konsumen berdaya serta pelaku usaha yang bertanggung jawab. PERUMDA Air Minum Tirta Kahuripan Kabupaten Bogor yang merupakan pe­rusahaan daerah yang me­layani masyarakat dalam menyalurkan air bersih seba­gai sektor penting dalam ke­hidupan sehari-hari ikut be­rinovasi demi meningkatkan kualitas pelayanan kepada pelanggan. Sejalan dengan Pasal 33 Ayat (3) UUD 1945 bahwa air dikuasai negara dan diguna­kan untuk kemakmuran ra­kyat secara adil dan merata, sehingga dapat memberikan manfaat kesejahteraan bagi seluruh rakyat yang mencakup aspek sosial, kesehatan dan pelayanan umum. ”Pada peringatan Hari Pe­langgan Nasional kali ini se­cara khusus dipersembahkan untuk pelanggan sebagai apresiasi pelayanan yang op­timal, meskipun diseleng­garakan di tengah pandemi Covid-19,” terang Direktur Utama Perumda Air Minum Tirta Kahuripan Kabupaten Bogor, Hasanudin Tahir. Kegiatan tersebut, sambung dia, dihadiri Dewan Pengawas, Direksi beserta jajaran Pe­rumda Air Minum Tirta Ka­huripan yang disiarkan se­cara virtual melalui aplikasi Zoom dengan pegawai yang tidak menghadiri secara langs­ung. Pada momentum peringatan Hari Pelanggan Nasional, Pe­rumda Air Minum Tirta Kahu­ripan Kabupaten Bogor me­luncurkan aplikasi “Si Cantik” dan Call Center 1500–412. ”Adanya Call Center ini da­pat menjadi media untuk memberikan bantuan serta informasi layanan bagi pelang­gan dan calon pelanggan,” bebernya. Hasanudin Tahir menjelas­kan, layanan Call Center Pe­rumda Air Minum Tirta Ka­huripan dapat dihubungi di nomor 1500–412. Selain itu, juga menghadirkan inovasi berbasis android, yaitu Apli­kasi Si Cantik. ”Aplikasi ini bisa menjadi sarana bagi pelanggan untuk mendapatkan informasi ter­kait tagihan rekening air, me­nerima pengaduan, menjadi sumber informasi terkini tentang perbaikan yang sedang dilaksanakan petugas dan dapat melaporkan pemba­caan meter air secara man­diri oleh pelanggan,” bebernya. Setelah diluncurkannya ke­dua inovasi pelanggan terse­but, diharapkan dapat mem­permudah dan membantu pelanggan untuk mendapat­kan akses informasi terkait Perumda Air Minum Tirta Kahuripan Kabupaten Bogor. “Setiap permintaan infor­masi maupun pengaduan pelanggan harus ditanggapi segera. Salah satunya harus didukung dengan teknologi demi mengoptimalkan pe­layanan kepada masyarakat,” pungkas Hasanudin.(*/eka/ py)

Tags

Terkini