METROPOLITAN.ID - Melihat kecerdasan buatan atau Artificial Intelligence (AI) saat ini memainkan peran yang sangat signifikan, PT XL Axiata Tbk (XL Axiata) berupaya untuk mengadopsinya untuk meningkatkan kualitas dan manfaat produk-produk layanannya.
Hal ini dilakukan PT XL Axiata untuk bisa memenuhi kebutuhan pelanggan dan masyarakat Indonesia untuk #JadiLebihBaik.
Upaya adopsi berbagai teknologi terbaru oleh XL Axiata terlihat dalam event 'Technology Days 2024' yang mengangkat tema "AI for Sustainable Tomorrow", 7 dan 8 Agustus 2024 di XL Axiata Tower, Jakarta.
Baca Juga: Ikut Arahan Partai, Bima Arya Batal Maju Pilgub Jabar 2024 Dampingi Dedi Mulyadi
Event ini menghadirkan beberapa pembicara, diantaranya Menteri Perdagangan (2011-2014) Republik Indonesia, Gita Wirjawan, Direktur Utama BAKTI Kominfo, Fadhilah Mathar, Direktur & Chief Enterprise Business and Corporate Affairs Officer XL Axiata, Yessie D Yosetya, Kepala Pusat AI ITB, Ayu Purwarianti serta beberapa pembicara lainya dari Tiket.com, GRAB, Astra Digital Internasional, Ericsson, Kalbe, ZTE, Bank Central Asia, AWS, Huawei, APAC.
Technology Day 2024 bertujuan untuk mengedukasi dan menginspirasi terkait dengan bagaimana AI dapat mendukung keberlanjutan bisnis.
Pemanfaatan teknologi AI menjadi perhatian utama di event ini, yang sekaligus menunjukkan upaya yang sedang dilakukan oleh XL Axiata untuk mengimplementasikannya dalam berbagai lini bisnisnya, termasuk produk layanan terbaru dan yang akan datang.
Direktur & Chief Technology Officer XL Axiata, I Gede Darmayusa mengatakan, kecanggihan kecerdasan buatan (AI) memang tidak perlu diragukan lagi, namun kita mesti tahu bagaimana cara pemanfaatannya sehingga bisa mengoptimalkan AI untuk mempermudah kita baik dari sisi bisnis atau lainnya.
Saat ini AI merupakan sebuah teknologi terbaru yang cukup seksi untuk dibahas, karena pemanfaatan AI ini begitu luas, di hampir seluruh aspek sebut saja mulai dari sektor telekomunikasi, keuangan, kesehatan, pendidikan, retail & ecommerce, transportasi hingga keamanan cyber.
Semua sektor tersebut merupakan sektor di mana AI memberikan dampak yang cukup besar.
"Karena itu kita perlu paham cara pemanfaatannya sehingga apa yang disediakan oleh teknologi bisa bermanfaat bagi kita," katanya.
Gede menambahkan, di XL Axiata penggunaan AI sudah diterapkan di beberapa bagian seperti, chatbots dan virtual assistant untuk layanan pelanggan, optimisasi jaringan, deteksi penipuan, cyber security, optimasi layanan dan automasi layanan pelanggan.
Tentunya dalam acara nanti ini akan ada bahasan yang menyoroti juga berbagai aplikasi AI dalam mengoptimalkan penggunaan energi terbarukan, meningkatkan efisiensi jaringan telekomunikasi, dan mengurangi emisi karbon.