berita-utama

Jalur MRT Fase II Dibangun di Bawah Sungai

Senin, 11 November 2019 | 11:13 WIB
Pekerja memasang segment tunnel (ruas terowongan) saat pengerjaan konstruksi terowongan Mass Rapid Transit (MRT) di kawasan Senayan, Jakarta, Kamis (26/11). Hingga kini pengeboran untuk bor Antarareja I telah mencapai 318 meter dan Antareja II mencapai 105 meter menuju Stasiun Senayan yang terletak di depan pusat perbelanjaan Ratu Plaza, Jakarta Pusat. ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan/nz/15.

METROPOLITAN – Proyek pembangunan Moda Raya Terpadu (MRT) fase II yang menghubungkan Bundaran Hotel Indonesia (HI) hingga Kampung Banda mulai dikerjakan. Saat ini prosesnya baru sampai tahap lelang. Direktur Utama PT Mass Rapid Transit (MRT) Jakarta, William P Sabandar mengatakan, pihaknya bakal melibatkan Badan Cagar Budaya dalam proses pembangunan jalur MRT fase II. Sebab, jalur tersebut bakal melewati sejumlah bangunan bersejarah di kawasan Kota Tua. Maka dari itu, rencananya ada revitalisasi di Kota Tua dan pembangunan Transit Oriented Development (TOD). "Memang itu akan butuh keahlian yang lebih tinggi karena kita harus kerja sama dengan badan cagar budaya, untuk memastikan konstruksi yang kita bangun tidak merusak bangunan-bangunan cagar budaya tadi," kata William. Menurut William, perencanaan kontruksi jalur MRT fase II ini akan lebih sulit dibanding dengan pembangunan MRT fase I. "Lebih mahal (pembangunan fase II). Ada nilainya, karena itu sedang didesain. Sedang kami desain value-nya berapa," pungkas William. PT MRT menargetkan pembangunan kontruksi MRT fase II ini dimulai pada Maret 2020. MRT fase II memiliki keunggulan tersendiri dibanding fase I. Salah satunya, yakni jalur kereta seluruhnya berada di bawah tanah. "Pembedanya (jalurnya) bawah tanah semua. Kemudian kedalamannya sampai 30 meter. Ada terowongan yang bersususun," ujar William. (jp/mam)

Tags

Terkini