Lewat tim tari Doea Traditional Dance (DTD), SMPN 2 Cibinong ikut melestarikan budaya daerah khususnya seni tari. Beranggotakan 50 siswa, tim yang dibentuk sejak 2010 lalu ini berhasil menyabet berbagai penghargaan. Yang terbaru, DTD tampil dalam acara Bogor Kabupatenku Green and Clean yang dihadiri Bupati Bogor Nurhayanti di Gedung Tegar beriman, belum lama ini.
Guru Tari SMPN 2 Cibinong Sally Agustini Widayat menuturkan, ekstrakurikuler (ekskul) seni tari yang dikuti siswa SMPN 2 Cibinong bertujuan memperkenalkan siswa tentang gerakan tari tradisional. Selain itu, siswa juga bisa mengembangkan kegiatan ekskul sebagai sarana menampung kreativitas dan bakat siswa di bidang seni tari. Selama delapan tahun dibentuk, antusias belajar tarian daerah cukup tinggi, terlihat dari banyaknya peserta yang mengikuti ekskul ini. "Jadwal latihan tari setiap Jumat. Ketika ada even biasanya waktu latihannya ditambah," tutur perempuan berhijab lulusan Seni Tari UPI Bandung.
Ia menambahkan, materi yang diajarkan mulai tari tradisional dari nusantara. Untuk tari kreasi dari Jawa Barat yakni tari Merak, Jaipong, Blantek. Dari Betawi Tari Ngarojeng, Bali Tari Pendet dan Aceh Tari Saman. Saat pembukaan launching Bogor Kabupatenku Green and Clean para penari DTD mempertunjukkan Tari Buyung. “Sejak 2010 kami juga sudah beberapa kegiatan seperti Festival Lomba Seni Siswa (FLS2N) Tingkat Kabupaten hampir setiap tahun. Kami pernah dua kali meraih juara tiga,” katanya.
Selain itu, DTD juga tampil juga di acara Bogor Mencari Bakat (BMB) dan lolos dua kali audisi sampai tampil di acara grand final. Sudah empat kali juga ikut dan menjadi penari kolosal di acara peringatan Hardiknas Kabupaten Bogor, juara dua Lomba Tari Kreasi Cuci Tangan yang diadakan Dinas Kesehatan Kabupaten Bogor dan Juara 2 lomba Pasanggiri Tari Tradisional Tingkat Kabupaten Bogor. “Saya berharap ke depan DTD bisa terus melestarikan dan mengembangkan tari traditional Nusantara, dan tampil di berbagai even dengan membawa tari tradisional sampai ke mancanegara,”tukasnya.
(ads/b/els)