Rabu, 8 Februari 2023

Melek Era Digital tapi Pertahankan Kearifan Lokal

- Sabtu, 12 Mei 2018 | 08:29 WIB

-

Dunia bisnis perhotelan di zaman sekarang, sangat perlu untuk beradaptasi dengan teknologi digital dalam upaya terus menggaet dan mempertahankan kepercayaan konsumen. Orang kini dengan mudahnya mengakses informasi seputar hunian sementara ini, dan tidak terlalu bergantung dengan brosur seperti dahulu. Ketua Persatuan Hotel Restoran Indonesia (PHRI) Kota Bogor Yuno Abeta Lahay pun memahami betul hal tersebut.

Menurut Yuno, perlu untuk menyatukan visi dan misi para anggota, menjadi satu tujuan, soal bagaimana perkembangan dunia perhotelan, bagaimana potensi di Kota Bogor sebagai kota penyangga sekaligus destinasi wisata warga kota-kota besar. “Selain itu perlu juga menyadarkan teman-teman, kita harus adaptasi dengan perkembangan zaman,” katanya saat ditemui Metropolitan, di Monalisa, Kelurahan Pakuan, Kecamatan Bogor Selatan, kemarin.

Pada era digital seperti sekarang, semua orang bisa dengan mudah mengakses banyak hal, termasuk keperluan hotel atau reservasi restoran. Orang-orang pun tidak lagi beramai-ramai membagikan dan ramai-ramai mempercantik brosur cetak, namun semua informasi dalam satu genggaman. “Nah itu yang sedang kami godok, bagaimana menyatukan anggota PHRI, dalam satu wadah, satu payung, punya program digital sendiri. Jadi konsumen yang mau menginap, bisa akses kesitu. Biar kami yang kerjakan, ya semacam turism information, tapi lebih rinci karena didalamnya ada kami yang memang berkecimpung di dunia perhotelan dan restoran. Sudah kami usulkan ke Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) juga sih,” ucapnya.

Meski begitu, kata Yuno, perkembangan zaman jangan sampai merusak citra kearifan lokal yang ada turun temurun, karena menjadi nilai tersendiri jika bisa merawat dan mempertahankan apa-apa yang diwariskan leluhur. “Seperti hotel yang saya urus ini, ada turun temurun sejak 1970-an. Hingga kini masih ada konsumen tetap bahkan informasi dari generasi sebelumnya. Nah, mempertahankan kearifan lokal juga menjadi daya jual tersendiri. Bagaimana leluhur memupuk, nah kita generasi muda mempertahankan dengan adaptasi zaman,” pungkasnya.

(ryn/b/els)

Editor: Administrator

Tags

Terkini

Reses Dewan di Ciampea Banjir Keluhan

Rabu, 8 Februari 2023 | 13:00 WIB
X