Sabtu, 4 Februari 2023

Terminal Bubulak Dipermak Rp720 Juta

- Sabtu, 3 Agustus 2019 | 10:24 WIB
PROGRAM: Rencana revitalisasi Terminal Bubulak untuk dijadikan fasilitas Park and Ride akan dikerjakan pada 2020.
PROGRAM: Rencana revitalisasi Terminal Bubulak untuk dijadikan fasilitas Park and Ride akan dikerjakan pada 2020.

METROPOLITAN - Kondisi Terminal Bubulak, Kecamatan Bogor Barat, saat ini sangat memprihatinkan dan terke­san kumuh. Penataan tidak jelas, angkot juga nampak lebih tertarik mangkal di pinggir jalan ketimbang harus masuk dalam terminal. Belum lagi pintu masuk yang seperti ’kolam ikan’ saat diguyur hujan.

Belakangan wacana menjadikan terminal di per­batasan dengan Kabupaten Bogor itu sebagai fasilitas Park and Ride mencuat. Pemerin­tah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta sebagai pemberi ban­tuan dana hibah revitalisasi sudah melakukan survei langs­ung dan kini kajian digarap Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bap­peda) Kota Bogor.

Seiring dengan itu, rupanya Pemkot Bogor diam-diam sudah mengalokasikan anggaran untuk memperbaiki sarana prasarana termi­nal. Proyek Jasa Konstruksi Pemeliharaan Terminal Bu­bulak sudah ditayangkan di Bagian Pengadaan Barang dan Jasa (PBJ) Setda Kota Bogor. ­

”Bukan membangun tapi pemeliharaan. Tahapnya su­dah masuk lelang, tapi memang belum ada pemenang karena infonya masih (tahapan) eva­luasi penyedia jasa,” kata Ke­pala Bidang (Kabid) Sarana dan Prasarana Dinas Perhu­bungan (Dishub) Kota Bogor, Dody Wahyudin, kepada Met­ropolitan, kemarin.

Ia mengakui kondisi termi­nal tipe C itu jauh dari kata layak. Sehingga untuk sin­ergi dengan wacana pembangunan Park and Ride di lokasi itu dirasa perlu untuk melakukan penataan. Jika tidak gagal tender, Dody me­nargetkan pekerjaan dengan pagu anggaran Rp720.400.000 itu sudah bisa masuk paling lambat Oktober, sehingga proyek bisa rampung awal 2020.

”Akses masuknya saja sekarang seperti kolam ikan. Perbaikannya meliputi jalan, rambu-rambu, penunjuk arah, sarana penunjang dan per­baikan konstruksi lainnya,” paparnya.

Dari laman eproc.kotabogor.go.id, ada 29 perusahaan yang mendaftar sebagai kontraktor proyek tersebut. Dua di anta­ranya sudah melakukan pe­nawaran, yakni CV Nusan­tara Abadi dengan harga penawaran Rp652,6 juta dan CV Stevanny Muliana yang menawar Rp704,6 juta.

”Ma­sih tahap evaluasi dan pem­buktian kualifikasi perusa­haan. Ada tiga kali perubahan pada tahap ini. Penetapan pemenang Insya Allah besok (hari ini, red),” kata Kasubbag Pembinaan Pengadaan Barang dan Jasa pada Bagian PBJ Setda Kota Bogor, Dedi Rus­mana.

Sekadar diketahui, Terminal Bubulak diketahui mempu­nyai luas 14.240 m persegi dan termasuk tipe C dengan peng­elolaan di Pemkot Bogor. Jika nantinya menjadi fasilitas park and ride, maka akan memba­tasi kendaraan yang masuk ke Kota Bogor dari perbatasan. Pemkot juga giat merencana­kan revitalisasi Terminal Ba­ranangsiang, sehingga bakal berdampak pada pengalihan bus-bus jurusan Tangerang, Parung atau Ciputat hingga Jakarta Selatan, ’mangkal’ di Bubulak selama masa pembangunan.

Halaman:

Editor: Administrator

Tags

Terkini

5 Calon Kades Siap Tarung Pilkades Cipinang Rumpin

Kamis, 2 Februari 2023 | 23:15 WIB

Rotasi Mutasi Pejabat Pemkot Bogor Masih Molor

Kamis, 2 Februari 2023 | 12:19 WIB
X