Asosiasi Pemasaran Indonesia atau lebih dikenal sebagai Indonesia Marketing Association (IMA) merupakan organisasi yang fokus pada aktivitas pengembangan pemasaran sebagai profesi. IMA melakukan berbagai kegiatan yang mencakup beberapa acara dan inisiatif intelektual yang berhubungan dengan penciptaan jenjang kerja, berbagai pengetahuan dan memperbaiki praktik pemasaran dengan konsep pemasaran ke seluruh nusantara. Sosok pengusaha muda asal Kota Hujan, Sapta Bela Al Faraby, didaulat memimpin organisasi marketing terbesar di negeri ini chapter Bogor Raya periode 2022-2024. Ia berharap kehadiran IMA bisa menjadi angin segar bagi dunia perekonomian saat ini, khususnya di tengah pandemi Covid-19. Terpuruknya sektor dunia usaha di tengah hantaman pandemi Covid-19, membuat para pengusaha maupun dunia marketing berpikir keras untuk bertahan dan memenangkan pertarungan. ”Asosiasi IMA bertujuan mengembangkan dan menyalurkan bakat anggotanya di bidang pemasaran,” ujar Presiden IMA Bogor Raya, Sapta Bela Al Faraby, dalam rilisnya. Lelaki yang juga ketua DPD KNPI Kota Bogor itu menjelaskan, organisasi IMA berdiri pada 20 Mei 1996. IMA telah memiliki beberapa chapter di seluruh nusantara. IMA juga merupakan anggota pendiri dari Asia Marketing Federation (AMF) yang juga bagian dari World Marketing Association (WMA). Berdirinya IMA, sambung Septa, bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan, kemampuan dan profesionalisme anggota di bidang pemasaran dan mengembangkan konsep pemasaran yang dinamis dalam merespons tantangan perubahan serta penerapannya sebagai strategi bisnis. ”Memasyarakatkan pengetahuan dan kesadaran kepada pemerintah, pelaku bisnis dan publik akan pentingnya menerapkan konsep dan strategi pemasaran dalam pembangunan ekonomi Indonesia. Jika ini diterapkan, saya yakin perekonomian bangsa ini akan maju dan bisa bersaing dengan negara-negara besar,” bebernya. Menurutnya, IMA sebagai wadah bertujuan meningkatkan pengetahuan serta keterampilan dan mewakili kepentingan profesional pemasaran. Selain itu, IMA juga sebagai organisasi profesional pemasaran yang berperan aktif dan ikut berkontribusi secara bermakna di tingkat nasional, region maupun global.(dtk/eka/py)