Jumat, 24 Maret 2023

Pembangunan TPT di Desa Palasari Semrawut, Kades Sentil PUPR

- Rabu, 7 Desember 2022 | 13:01 WIB
MANGKRAK: Tembok Penahan Tanah (TPT) di Kampung Geblug, Desa Palasari, Kecamatan Cijeruk, Kabupaten Bogor, terbengkalai lantaran ditinggalkan pengembang.
MANGKRAK: Tembok Penahan Tanah (TPT) di Kampung Geblug, Desa Palasari, Kecamatan Cijeruk, Kabupaten Bogor, terbengkalai lantaran ditinggalkan pengembang.

METROPOLITAN - Pembangunan Tembok Pena­han Tanah (TPT) di Kampung Geblug, Desa Palasari, Keca­matan Cijeruk, Kabupaten Bogor, yang menjadi tanggung jawab Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) Wilayah Unit Pelaksana Tek­nis (UPT) Dramaga, menuai kritik. Selain terbengkalai, dalam pengerjaan juga tidak dilengkapi papan proyek.

Se­hingga, warga khawatir akan menimbulkan masalah baru. Kepala Desa Palasari Aip Syaripudin membenarkan adanya pembangunan TPT di wilayahnya dan banyak war­ga yang mempertanyakan kelanjutan pekerjaan tersebut.

Selain itu, utang bahan mate­rial dan air untuk memper­lancar pekerjaan belum di­bayarkan. Sehingga, ia sebagai kepala desa mempertanyakan keprofesionalan proyek pembangunan TPT tersebut.

”Ada pembangunan TPT, namun saya tidak pernah tahu anggarannya berapa karena tidak ada papan proy­ek. Termasuk pengerjaan TPT di Jalan Cagak juga tidak ter­pasang papan proyek. Sudah banyak warga yang menany­akan ke saya, malah ada kelu­han dari RT saya, material yang dikirim buat pembangunan TPT belum dibayar sama pemborongnya,”keluhnya.

Selain menjadi pertanyaan warga, TPT yang belum di­tembok dikhawatirkan long­sor. Sebab, sebagian tebing belum ada penahan tanahnya sehingga harus segera ditinda­klanjuti DPUPR Kabupaten Bogor.

”Belum ada info kapan akan dimulai kembali pembangu­nan TPT-nya. Kasihan RT saya, kalau sampai pemborongnya kabur. Soalnya bahan mate­rial yang belum dibayar lu­mayan jutaan rupiah sih ka­tanya. Semoga pembangunan TPT ini mendapat perhatian serius dari Pemerintah Kabu­paten Bogor, terutama DPUPR,” ujarnya.

Terpisah, Kepala UPT PUPR Wilayah VI Andri menerang­kan bahwa pengerjaan sedang dalam proses on progres. ”Itu sedang dalam on progres. Memang ada sedikit keter­lambatan tapi mudah-muda­han beres Desember ini,” singkatnya. (nto/suf/run)

Editor: admin metro

Tags

Terkini

X