Minggu, 5 Februari 2023

Tinggalkan Negeri Sakura demi Tanah Kelahiran

- Sabtu, 22 Juni 2019 | 09:19 WIB
INSPIRATIF: Markus Seseray yang sukses sebagai wirausaha Papua.
INSPIRATIF: Markus Seseray yang sukses sebagai wirausaha Papua.

Selain toko kelontong dan penitipan helm, Markus juga memiliki usaha rental mobil. Sejak bergabung dengan SRC, kehidupan Markus dan keluarga pun semakin sejahtera

METROPOLITAN – Setelah  tujuh tahun bergabung dengan SRC, Markus beberapa kali dipercaya menjadi motivator bagi anggota lainnya. SRC menganggap pengalaman Markus bisa menjadi inspirasi bagi semua orang.

Menjadi motivator, Markus pernah diajak berbagi cerita di Nabire, Papua. Di daerah itu, para pemilik toko masih mengelola tokonya dengan cara konvensional. Dalam kesempatan itu, Markus menceritakan inovasi yang dilakukan tokonya hingga akhirnya terus berkembang hingga kini. “Saya ke sana (Nabire, red) jadi motivator. Kalau bisa temanteman di daerah seperti begini. Kami sendiri merasakan, dengan bergabung dengan SRC, ada perubahan pendapatan, bertambah. Perubahan itu ke arah yang lebih baik,” jelasnya.

Tak melulu suka, Markus juga pernah merasakan dukanya dalam menggeluti usaha tersebut. Suatu ketika, Markus pernah ditipu puluhan juta karena ajakan seseorang untuk berbisnis. Hingga kini uang itu tak kembali karena dibawa kabur calon mitra bisnisnya. “Jadi saya juga punya pengalaman gagal. Usaha rental mobil juga begitu. Kadang ada kejadian, mobil menabrak, kemudian ditinggal begitu saja. Atau mobil ditabrak, jadi saya yang harus bawa mobil masuk bengkel,” tutur Markus. “Tapi saya tetap semangat. Dan jadikan ini pelajaran,” lanjutnya.

Untuk menunjang usahanya, Markus telah mempekerjakan lima orang. Ia mulai merangkul lingkungan terdekat yaitu keluarga untuk bekerja dengannya. Namun, ia menekankan meski yang bekerja adalah masih anggota keluarga, profesionalisme tetap menjadi prinsip utama. Baginya, prinsip profesionalisme membuat usahanya bertahan, semakin berkembang dan dapat memberikan penghidupan bagi orang lain. (lip/rez/run)

Editor: Administrator

Tags

Terkini

Plaza Bogor Dibongkar usai Lebaran, Pedagang Girang

Kamis, 2 Februari 2023 | 12:14 WIB

Tiga Bocil Puncak Jadi Korban Pedofil

Rabu, 1 Februari 2023 | 10:02 WIB

9 Korban Wowon Cs Tewas, Terakhir Anak-Istri Dihabisi

Jumat, 20 Januari 2023 | 10:01 WIB
X