METROPOLITAN.ID - Labubu, boneka mewah mungil bergigi tajam dengan basis penggemar setia, telah menjadi terlalu populer untuk dijual di toko.
Di Inggris, antusiasme berlebihan terhadap mainan ini memicu kerusuhan, antrean panjang, hingga perkelahian.
Sehingga Pop Mart selaku distributor memutuskan untuk menghentikan sementara penjualannya di seluruh toko fisik di negara tersebut.
Baca Juga: Fiersa Besari Komentari Polemik Booking Lahan Camp di Gunung: Jangan Hilangkan Hak Pendaki Lain
"Karena meningkatnya permintaan untuk Labubu kesayangan kami, kami telah melihat peningkatan signifikan dalam jumlah pelanggan pada hari-hari stok ulang dengan antrean panjang terbentuk di luar toko kami dan Roboshop (toko swalayan)," ungkap perusahaan mainan asal Tiongkok itu mengutip dari Suara.com.
"Untuk memastikan keselamatan dan kenyamanan semua orang, kami akan menghentikan sementara semua penjualan mainan mewah THE MONSTERS di dalam toko dan roboshop hingga pemberitahuan lebih lanjut," tambah Pop Mart.
Meski demikian, penjualan secara daring tetap berjalan normal. Labubu sendiri merupakan karya ilustrator asal Hong Kong, Kasing Lung, yang sejak peluncurannya pada 2015 telah mengembangkan basis penggemar loyal.
Baca Juga: 6 Mantan Pemain Manchester United Yang Bersinar dan Raih Prestasi pada Musim 2024-2025
Dalam beberapa bulan terakhir, makhluk lucu dengan tubuh mirip kelinci dan ekspresi menyeramkan itu menjadi tren global.
Popularitasnya melonjak usai terlihat dikenakan oleh sejumlah selebriti dunia seperti Rihanna, Dua Lipa, dan Lisa BLACKPINK, bahkan sempat tampil dalam ajang Paris Fashion Week tahun ini.
Kesuksesan ini turut berkontribusi pada kenaikan tajam pendapatan Pop Mart di luar Tiongkok, yang tercatat meningkat 375,2% menjadi 700 juta dolar AS pada 2024.
Labubu sendiri menyumbang 420 juta dolar AS dari total pendapatan perusahaan sebesar 1,8 miliar dolar AS (13,04 miliar yuan).
Baca Juga: Rekomendasi Hotel Dekat Destinasi Wisata di Puncak Bogor untuk Akomodasi Liburan Keluarga
Fenomena ini juga menjalar ke media sosial. Di TikTok, konten bertema Labubu—mulai dari unboxing hingga insiden perkelahian—mendulang jutaan penayangan. Tagar “Labubu” kini telah melampaui 1,4 juta unggahan.