METROPOLITAN.ID - Menjelang masa Angkutan Natal dan Tahun Baru (Nataru) 2025-2026, KAI Commuter mulai mempersiapkan seluruh sarana dan prasarana untuk memastikan layanan Commuter Line berjalan optimal dan dapat mengakomodasi lonjakan mobilitas masyarakat selama periode libur panjang.
Sebanyak 102 rangkaian commuter line telah disiapkan untuk operasional harian di wilayah Jabodetabek beserta wilayah lainnya seperti Yogyakarta-Palur.
VP Corporate Secretary KAI Commuter, Karina Amanda, menegaskan bahwa berbagai langkah pemeliharaan sarana dilakukan secara berkala dan menyeluruh, baik pemeliharaan harian, preventif periodik, maupun heavy maintenance untuk menjaga keselamatan, keandalan, dan kenyamanan pengguna.
Kegiatan pemeliharaan rutin dan perbaikan ringan dilaksanakan di empat depo utama yaitu Depo KRL Depok, Bogor, Bukit Duri, dan Manggarai.
Baca Juga: IQI Bareng SV IPB University Gelar QAQC Summit 2025, Wadah Memperkuat Budaya Mutu Nasional
Sedangkan perawatan heavy maintenance dilakukan secara detail di dua fasilitas overhaul di Depo KRL Depok dan Manggarai.
Proses pemeriksaan harian serta perawatan dilakukan di 4 depo KRL dan 10 tempat Pengawasan Urusan KRL (PUKRL) yang tersebar di lokasi penyimpanan commuter line setelah operasional setiap harinya.
Pemeriksaan mencakup sistem pengereman, pintu otomatis, kelistrikan, hingga interior kereta untuk memastikan sarana berada dalam kondisi prima setiap harinya.
Depo KRL Depok merupakan fasilitas perawatan terbesar dengan luas sekitar 26 hektar yang dilengkapi fasilitas pencucian kereta, mesin bubut roda bawah lantai, serta ruang overhaul dan semi-overhaul.
Sementara itu, depo Manggarai juga memiliki fasilitas overhaul untuk perawatan besar, sedangkan depo lainnya fokus pada pemeliharaan harian dan rutin bulanan.
Selain wilayah Jabodetabek, KAI Commuter juga mengoptimalkan perawatan di Depo KRL Solo Jebres untuk sarana commuter line yang beroperasi di daerah Yogyakarta dan sekitarnya.
Setiap tahap pemeliharaan dilakukan oleh tenaga teknis berpengalaman yang bersertifikat dari Direktorat Jenderal Perkeretaapian Kementerian Perhubungan dengan sertifikasi yang dilakukan secara berkala untuk menjaga kualitas kompetensi petugas.
Melalui langkah-langkah pemeliharaan menyeluruh ini, KAI Commuter menegaskan komitmen untuk menghadirkan layanan transportasi publik yang andal, aman, dan nyaman, khususnya pada masa libur panjang Natal dan Tahun Baru 2025-2026.