PARUNGPANJANG - Badan Pembinaan Ideologi Pancasila Republik Indonesia (BPIP RI) bersama Dewan Pengurus Cabang Taruna Merah Putih (DPC TMP) Kabupaten Bogor, menanamkan nilai-nilai ideologi Pancasila kepada pelajar. Ketua PC TMP Egi Gunadhi Wibawa mengatakan, kegiatan ini juga untuk mem-booming-kan Pancasila di Kabupaten Bogor, menggali dan memaknai Pancasila. "Kita ambil segmen dari pelajar, pemuda, berbagai masyarakat dan pemuka agama untuk bisa menjaga kebhinekaan terutama di wilayah Kecamatan Parungpanjang, yang semakin heterogen,” kata Egi dalam acara yang di berlangsung SMK Bina Putra Mandiri (BPM) Desa Parungpanjang, Kecamatan Parungpanjang, belum lama ini.
Selain itu, pihaknya mengajak untuk meningkatkan nilai toleransi untuk beribadah, perbedaan suku agama serta budaya dan sebagainya. “Gunanya agar satu sama lain bisa menerima dan bisa bersatu, jadi tidak gampang dibuat konflik," ujar Egi.
Sementara itu, Direktur Hubungan Antara Lembaga dan Kerja Sama Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) Elfrida Herawati Siregar mengatakan, kegiatan ini adalah untuk mempopulerkan istilah mutiara pancasila dengan kearifan lokal dan berlaku baik dengan praktek-praktek berlaku baik adalah sebagai bentuk pengamalan Pancasila. "Kita ingin di Parungpanjang ini mereka kembali kearifan lokal. Sekarang itu kita melihat terlalu banyak melihat ke kiri dan ke kanan, melihat pengaruh-pengaruh dari luar negeri yang tidak sesuai dengan keluruhan bangsa kita. Adat istiadat kita mengandung keluhuran, "tuturnya.
Sementara itu, dari pantauan Metropolitan hadir dalam kegiatan tersebut, Ketua MUI Kecamatan Parungpanjang Kiai Adnan, Kapolsek Parungpanjang Kompol Nurahim, Danramil Rumpin perwakilan dari kodim Kapten inf Hasbuloh, Pjs Kepala Desa Parungpanjang Mahpud Saripudin, tokoh masyarakat, Ketua KNPI Kecamatan Parungpanjang Abdul Hakim, ketua Karang Taruna Kecamatan Parungpanjang Medi Susanto dan Dandim Kabupaten Bogor diwakili Danramil Rumpin serta, seniman Parungpanjang Tb Ule Sulaeman, Aktivis Pinggir kali (RAB) Ridwan Manantik. (sir/b/els)