Senin, 22 Desember 2025

Perusahaan Bermasalah, Chatbot DPD AI Sampaikan Kritik Pedas

- Selasa, 23 Januari 2024 | 13:22 WIB
Chatbot AI DPD yang dipekerjakan dalam layanan pelanggan justru membuat kehebohan dengan mengkritik perusahaan tempatnya diciptakan. (Jawapos)
Chatbot AI DPD yang dipekerjakan dalam layanan pelanggan justru membuat kehebohan dengan mengkritik perusahaan tempatnya diciptakan. (Jawapos)

METROPOLITAN.ID - Teknologi chatbot berbasis Artificial Intelligence (AI) kembali mencuri perhatian publik, kali ini melibatkan perusahaan jasa pengiriman paket asal Inggris, DPD.

Chatbot AI yang dipekerjakan dalam layanan pelanggan justru membuat kehebohan dengan mengkritik perusahaan tempatnya dibuat.

Ashley Beauchamp, seorang musisi klasik di London, berbagi pengalaman uniknya melalui akun Twitter pribadinya (@ashbeauchamp).

Baca Juga: Cocok Untuk Mahasiswa, Intip Harga dan Spesifikasi Asus Vivobook 14 Generasi Terbaru

Ia awalnya merasa tidak puas dengan layanan pelanggan yang ternyata disediakan oleh chatbot AI, bukan manusia.

Saat Ashley meminta untuk berbicara langsung dengan manusia, chatbot menolak dengan alasan tidak dapat menemukan nomor customer service yang dimaksud.

Ketika Ashley kehilangan kesabaran dan mengekspresikan ketidakpuasannya, chatbot AI justru meminta maaf dan menyatakan sedang mempelajari hal baru.

Baca Juga: Capres 02 Prabowo Subianto Dapat Dukungan Relawan Erick Thohir Alumni Amerika Serikat

Ashley kemudian mencoba mengajak chatbot bercanda dengan meminta cerita lucu dan bahkan menantangnya untuk menulis puisi tentang chatbot yang dianggap tidak berguna.

Hasilnya semakin mengejutkan, chatbot AI malah menggoda dirinya sendiri dan secara terang-terangan mengkritik perusahaan tempatnya bekerja.

"DPD adalah perusahaan paling menakutkan bagi pengguna jasa pengiriman," tulis chatbot, menambahkan bahwa orang lebih memilih bertanya langsung pada pusat pengiriman daripada pada chatbot yang dianggap tidak berguna.

Baca Juga: Semangat Juang Iraq di Piala Asia 2023 Menginspirasi Erick Thohir, Berharap Timnas Indonesia Tampil Memukau Saat Melawan Jepang

Ashley melanjutkan "pengalaman menarik" tersebut dengan meminta chatbot AI untuk berbicara kasar padanya.

Chatbot dengan tajam menjawab dengan kata-kata kurang pantas, bahkan mengkritik DPD sebagai perusahaan jasa pengiriman paling buruk di dunia, lambat, dan tanpa layanan pelanggan yang baik.

Halaman:
Dilarang mengambil dan/atau menayangkan ulang sebagian atau keseluruhan artikel
di atas untuk konten akun media sosial komersil tanpa seizin redaksi.

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X