Jumat, 22 September 2023

Jembatan Otista Kota Bogor Mulai Dibongkar, Diprediksi Roboh Dalam Sebulan

- Jumat, 5 Mei 2023 | 19:25 WIB
Pekerja tengah membongar aspal yang berada di atas Jembatan Otista Kota Bogor. Diprediksi jembatan akan roboh hingga sebulan ke depan.
Pekerja tengah membongar aspal yang berada di atas Jembatan Otista Kota Bogor. Diprediksi jembatan akan roboh hingga sebulan ke depan.

METROPOLITAN.id - Pemerintah Kota (Pemkot) Bogor secara resmi membongkar Jembatan Otista Kota Bogor pada hari keempat atau Jumat, 5 Mei 2023.

Pembongkaran sendiri direncanakan akan berlangsung selama sebulan, hingga akhirnya Jembatan Otista Kota Bogor roboh seutuhnya.

Adapun, untuk tahap awal pembangunan yang dilakukan lebih menyasar pembongkaran aspal yang berada di bagian tengah Jembatan Otista Kota Bogor.

"Hari ini kita sudah mulai melakukan pembongkaran aspal yang ada di atas jembatan. Ini target pembongkaran aspal kita lakukan satu hari. Jadi seharian ini akan kita keruk aspalnya dulu," kata Kepala DPUPR Kota Bogor, Rena Da Frina.

Menurut Rena Da Frina, pembongkaran Jembatan Otista Kota Bogor ini tidak bisa dilakukan sekaligus. Melainkan dilakukan secara bertahap dan lebih sistematis.

"Itu untuk efisisensi dan keselamatan kerja, jadi tekniknya memang seperti ini," ucap Kepala DPUPR Kota Bogor.

Sementara, dilanjutkan Rena Da Frina, setelah aspal berhasil dibongkar, pihaknya akan melanjutkan pembongkaran pada plat Jembatan Otista.

"Nah, plat jembatan ini estimasi waktunya empat hari. Kemudian setelah plat diangkat baru kita bongkar balok jembatannya," imbuh Kepala DPUPR Kota Bogor.

"Ketika balok plengkung sudah kita bongkar, berati jembatan sudah terputus (roboh) sama sekali. Itu targetnya sekitar dua minggu sampai satu bulan," sambung dia.

Disisi lain, Rena Da Frina mengungkapkan, sebenarnya pembongkaran aspal ini sudah masuk dalam tahap pembangunan kedua. Karena, tahap pertama lebih ke penyelesaian batas pekerjaan, pemasangan seng pembatas pekerjaan, direksi kit serta masuk alat berat.

"Sebenernya ini sudah masuk ke tahap kedua, tapi kita gas untuk dilaksanakan tahap pembangunan," beber dia.

"Dan deviasinya masih positif sampai saat ini. Target kemarin 1,5 persen. Kemudian deviasi positifnya sampai 1,75 persen. Jadi masih aman," ujar Rena Da Frina.

Sebelumnya, penutupan Jembatan Otista Kota Bogor sudah memasuki hari ketiga. Meski begitu, sampai saat ini belum ada pembangunan fisik yang dilakukan hingga Kamis, 4 Mei 2023.

Pantauan di lokasi sekitar pukul 13:00 WIB, belum terlihat ada pembangunan fisik yang dilakukan pihak kontraktor.

Halaman:

Editor: Muhammad Reza Malik

Tags

Terkini

X