Selasa, 3 Oktober 2023

Luncurkan Gerakan Masyarakat Peduli Stunting, Puskesmas Parung Punya Program Inovasi Posyandu Keliling

- Kamis, 8 Juni 2023 | 11:06 WIB
Puskesmas Parung meluncurkan Gerakan Masyarakat Peduli Stunting. Salah satu inovasinya adalah posyandu keliling. (Dok Puskesmas Parung )
Puskesmas Parung meluncurkan Gerakan Masyarakat Peduli Stunting. Salah satu inovasinya adalah posyandu keliling. (Dok Puskesmas Parung )

METROPOLITAN.ID - Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) Parung telah meluncurkan inisiatif inovatif yang mengeksplorasi peran penting masyarakat dalam memerangi masalah stunting.

Dalam upaya untuk meningkatkan kesadaran dan mengubah perilaku masyarakat sekitar terkait dengan gizi yang tepat, Puskesmas Parung meluncurkan Gerakan Masyarakat Peduli Stunting.

Stunting yang ditandai dengan pertumbuhan terhambat pada anak akibat kekurangan gizi kronis, telah menjadi masalah serius di berbagai wilayah Indonesia.

Baca Juga: Poco F5 Pro Mendadak Viral, Intip Spesifikasi dan Harganya Disini!

Melihat dampak jangka panjang yang dimiliki stunting terhadap kesehatan dan perkembangan anak, Puskesmas Parung berkomitmen untuk memerangi masalah ini melalui pendekatan kolaboratif dengan melibatkan masyarakat secara langsung.

Gerakan Masyarakat Peduli Stunting Puskesmas Parung bertujuan untuk meningkatkan kesadaran akan pentingnya gizi seimbang dan pemenuhan kebutuhan nutrisi pada masa pertumbuhan anak.

Puskesmas bekerja sama dengan kelompok masyarakat setempat, lembaga pendidikan, dan organisasi kesehatan lainnya untuk mengedukasi orang tua dan warga sekitar mengenai pentingnya pola makan yang sehat dan pemberian nutrisi yang adekuat kepada anak-anak mereka.

Baca Juga: Jasinga Kabupaten Bogor Dilanda Kekeringan, Ratusan Warga Kesulitan Dapat Air Bersih

Salah satu inovasi yang diluncurkan oleh Gerakan Masyarakat Peduli Stunting adalah Posyandu Keliling.

Puskesmas Parung merancang program ini untuk mendekatkan layanan kesehatan kepada masyarakat yang sulit dijangkau.

Tim medis yang terdiri dari dokter, perawat, dan ahli gizi akan berkunjung secara teratur ke desa-desa sekitar Parung, memberikan layanan kesehatan langsung, dan memberikan informasi tentang gizi yang baik kepada orang tua.

Baca Juga: Prakiraan Cuaca di Kota dan Kabupaten Bogor 8 Juni 2023 Berpotensi Hujan di Siang hingga Sore Hari

Selain itu, Puskesmas Parung juga merancang kampanye edukasi yang berfokus pada pendidikan gizi di sekolah-sekolah setempat.

Dengan bekerja sama dengan guru dan staf sekolah, mereka menyusun program pelatihan dan kegiatan interaktif untuk meningkatkan pemahaman siswa tentang pentingnya gizi yang seimbang dan cara menjaga kesehatan mereka.

Halaman:

Editor: Fadlya El'Arsya

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X