Senin, 22 Desember 2025

Petugas Call Center Harus Profesional

- Kamis, 28 Februari 2019 | 08:11 WIB

METROPOLITAN - Perusahaan Daeah Air Minum (PDAM) Tirta Pakuan Kota Bogor, menetapkan standar tinggi dalam pelayanan call center 24 Jam kepada pelanggan. Petugas yang terbukti cakap menjalankan tugas, akan diberi penghargaan khusus. Sebaliknya, jika lalai maka akan dikenakan sanksi yang berlaku. Untuk itu, operator call center dituntut lebih profesional dalam melayani pelanggan dan lihai menangani keluhan gangguan pelayanan. “Layanan call center 24 Jam merupakan layanan pelanggan yang melayani pelbagai informasi. Seperti, informasi gangguan pengaliran, pasang baru, tagihan dan sebagainya,” ujar Direktur Utama PDAM Tirta Pakuan Kota Bogor, Deni Surya Senjaya, saat melepas kegiatan kunjungan lapangan petugas call center. Kegiatan ini merupakan program Sub Departemen Humas PDAM Kota Bogor, untuk memberikan pengetahuan tentang lokasi sumber-sumber air, instalasi pengolahan air, laboratorium dan sistem pengolahan air pada perusahaan plat merah ini. Petugas call center, nantinya harus memiliki pemahaman menyeluruh jenis produk dari sebuah perusahaan. Hal ini penting saat menghadapi komplain atau pertanyaan dari pelanggan sehingga dapat menjawab pertanyaan atau masalah yang dihadapi customer dengan cepat dan lugas. Deni mengaku, baru melihat beberapa petugas (call center) yang baru direkrut. “Saya setuju mereka diajak ke lokasi-lokasi sumber air dan (intake) Cipon agar lebih paham tentang air baku PDAM. Mereka juga bakal mengetahui, kenapa kalau keruh bisa terjadi gangguan, dan lain-lain,” katanya. Deni meminta, petugas call center bekerja lebih profesional, karena tuntutan pelanggan terhadap pelayanan sudah sangat tinggi.Ketika ada pelanggan yang komplain, petugas harus dapat menjelaskan secara gamblang. “Singkat, padat, jelas dan segera koordiasikan dengan pihak terkait jika ada laporan gangguan, itu harus dilakukan petugas,” beber Deni. Asisten Manajer Humas PDAM Kota Bogor, Poppi Rustanti, menambahkan, kunjungan lapangan ini merupakan program pembinaan PDAM bersama PT Personel Alih Daya (Persada) sebagai penyedia jasa Contact Center dan Resepsionis di PDAM. “Pada prinsipnya, kami berkomitmen menghadirkan operator call center yang profesional dan handal. Sehingga, masyarakat dan pelanggan bisa mendapatkan akses informasi yang mudah dan cepat tertangani,” tukasnya. Berikut, lokasi yang dikunjungi antara lain, sumber air kota batu di Desa Kota Batu, Kecamatan Ciomas, Kabupaten Bogor, intake Ciherang Pondok (Cipon) di Desa Ciherang Pondok, Kecamatan Caringin, Kabupaten Bogor, IPA Cipaku dan Laboratorium di Kelurahan Cipaku, Kecamatan Bogor Selatan, IPA Dekeng di Kelurahan Genteng, Kecamatan Bogor Selatan dan SPAM Katulampa di Desa Cibanon, Kecamatan Sukaraja, Kabupaten Bogor. (ads/c/yok)

Dilarang mengambil dan/atau menayangkan ulang sebagian atau keseluruhan artikel
di atas untuk konten akun media sosial komersil tanpa seizin redaksi.

Tags

Terkini

X