METROPOLITAN - Perumda Tirta Pakuan kembali menggulirkan layanan Baca Meter Air Mandiri periode 2-20 Mei 2020 untuk mencegah penyebaran Covid-19. Kini pelaporannya bisa dilakukan dengan dua cara, yakni melalui aplikasi WhatsApp (WA) dan Sistem Informasi Tirta Pakuan (SIMOTIP). Direktur Umum Tirta Pakuan Kota Bogor, Rino Indira Gusniawan, melalui Manajer Humas dan Hubungan Pelanggan, Sonny Hendarwan, mengatakan, saat ini kedua aplikasi tersebut sudah bisa digunakan. ”Pelanggan tinggal pilih, mau pakai WA atau SIMOTIP. Kedua kemudahan itu sudah bisa digunakan saat ini,” katanya. Bagi yang ingin menggunakan WA, menurut dia, pelanggan bisa melaporkan angka stan meter dengan format ’nomor pelanggan/angka stan meter (warna hitamnya saja)/ pelapor’, lalu kirim dengan dilampirkan foto stan meter ke nomor-nomor sesuai domisili kecamatan pelanggan. ”Pelanggan Bogor Timur & Selatan bisa menghubungi ke nomor 081585396769, Bogor Tengah & Utara 081585396848, Bogor Barat 081585396872 dan Tanahsareal 081585396858,” ujarnya. ”Sementara untuk SIMOTIP, pelanggan bisa mengunduh atau memperbaharui aplikasinya melalui Playstore, lalu ikuti alur aktivasinya,” sambungnya. Dalam kesempatan ini, Sonny lebih mengarahkan pelanggan menggunakan SIMOTIP. Sebab, dalam aplikasi yang telah di-upgrade itu terdapat berbagai fitur kemudahan yang sangat dibutuhkan pelanggan, seperti laporan gangguan dan cek tagihan. ”Jadi, tidak hanya buat lapor stan meter, bisa juga buat lapor gangguan atau cek tagihan. Ini kemudahan yang kami siapkan,” terangnya. Mantan manajer keuangan PDAM Kota Bogor ini menyebutkan, ada beberapa kegunaan melaporkan angka stan meter setiap bulannya. Yakni, bisa mendeteksi pemakaian tidak wajar akibat kebocoron, dapat mengontrol pengeluaran pemakaian air dan menghemat pemakaian air. ”Pembacaan meter air mandiri akan terus dilakukan sampai Covid-19 selesai. Tapi ke depan, kami akan menugaskan petugas Pembaca Meter untuk membaca meter pelanggan secara acak,” tuturnya. Sonny pun menganjurkan pelanggan untuk menghubungi Call Center di nomor 0251- 8324111 atau WA 08111182123 jika mengalami kesulitan saat proses pembacaan meter mandiri.(*/rez/py)