Senin, 22 Desember 2025

Baca Meter Air Mandiri Kini Pakai SIMOTIP

- Selasa, 5 Mei 2020 | 08:54 WIB

METROPOLITAN - Pe­rumda Tirta Pakuan kem­bali menggulirkan layanan Baca Meter Air Mandiri periode 2-20 Mei 2020 un­tuk mencegah penyebaran Covid-19. Kini pelaporan­nya bisa dilakukan dengan dua cara, yakni melalui aplikasi WhatsApp (WA) dan Sistem Informasi Tirta Pakuan (SIMOTIP). Direktur Umum Tirta Pa­kuan Kota Bogor, Rino In­dira Gusniawan, melalui Manajer Humas dan Hu­bungan Pelanggan, Sonny Hendarwan, mengatakan, saat ini kedua aplikasi ter­sebut sudah bisa digunakan. ”Pelanggan tinggal pilih, mau pakai WA atau SI­MOTIP. Kedua kemudahan itu sudah bisa digunakan saat ini,” katanya. Bagi yang ingin mengguna­kan WA, menurut dia, pelang­gan bisa melaporkan angka stan meter dengan format ’nomor pelanggan/angka stan meter (warna hitamnya saja)/ pelapor’, lalu kirim dengan dilampirkan foto stan meter ke nomor-nomor sesuai do­misili kecamatan pelanggan. ”Pelanggan Bogor Timur & Selatan bisa menghubungi ke nomor 081585396769, Bogor Tengah & Utara 081585396848, Bogor Barat 081585396872 dan Tanahsareal 081585396858,” ujarnya. ”Sementara untuk SIMOTIP, pelanggan bisa mengunduh atau memper­baharui aplikasinya melalui Playstore, lalu ikuti alur akti­vasinya,” sambungnya. Dalam kesempatan ini, Sonny lebih mengarahkan pelanggan menggunakan SI­MOTIP. Sebab, dalam apli­kasi yang telah di-upgrade itu terdapat berbagai fitur kemu­dahan yang sangat dibutuhkan pelanggan, seperti laporan gangguan dan cek tagihan. ”Jadi, tidak hanya buat lapor stan meter, bisa juga buat la­por gangguan atau cek tagihan. Ini kemudahan yang kami siapkan,” terangnya. Mantan manajer keuangan PDAM Kota Bogor ini me­nyebutkan, ada beberapa ke­gunaan melaporkan angka stan meter setiap bulannya. Yakni, bisa mendeteksi pemakaian tidak wajar akibat kebocoron, dapat mengontrol pengeluaran pemakaian air dan menghemat pemakaian air. ”Pembacaan meter air man­diri akan terus dilakukan sampai Covid-19 selesai. Tapi ke depan, kami akan menugaskan petugas Pem­baca Meter untuk membaca meter pelanggan secara acak,” tuturnya. Sonny pun menganjurkan pelanggan untuk menghubungi Call Center di nomor 0251- 8324111 atau WA 08111182123 jika mengalami kesulitan saat proses pembacaan meter mandiri.(*/rez/py)

Dilarang mengambil dan/atau menayangkan ulang sebagian atau keseluruhan artikel
di atas untuk konten akun media sosial komersil tanpa seizin redaksi.

Tags

Terkini

X