Sebagai ayah satu anak, kesehatan keluarga adalah yang utama bagi Harun Santosa (35). Terlebih pada situasi pandemi seperti saat ini, ia ingin memastikan kesehatan keluarga kecilnya terjamin jika terjadi sesuatu yang tidak diinginkan. HARUN mengaku sangat bersyukur menjadi peserta Jaminan Kesehatan Nasional- Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) yang dikelola Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan. Ya, BPJS Kesehatan terus berinovasi memberikan kemudahan fasilitas dan akses pelayanan bagi peserta JKN-KIS. Di antaranya kemudahan mengakses pelayanan melalui berbagai inovasi yang diberikan. Salah satunya dengan hadirnya aplikasi Mobile JKN. Mobile JKN yang merupakan inovasi BPJS Kesehatan itu dihadirkan untuk meningkatkan pelayanan terhadap peserta, terlebih pada era digitalisasi dan saat pandemi seperti ini. Bagi pria yang bekerja sebagai editor di salah satu media cetak lokal di Kota Bogor itu, pada era digitalisasi seperti sekarang, masyarakat sangat membutuhkan layanan cepat namun mudah diakses di mana saja. “Sejak mengunduh aplikasi Mobile JKN pada ponsel saya, saya telah memaksimalkan manfaat Mobile JKN untuk mendapatkan layanan dan kemudahan tanpa harus datang ke kantor BPJS Kesehatan. Nah, layanan Mobile JKN merupakan solusi tepat yang diberikan BPJS Kesehatan kepada seluruh peserta JKN-KIS,” bebernya. Harun menambahkan, banyak sekali inovasi dalam fitur-fitur lain dalam aplikasi yang sangat memudahkan peserta BPJS Kesehatan. Selain kartu JKN-KIS digital, ada pula fitur antrean online. Selama mengakses aplikasi Mobile JKN, ia sangat dimudahkan dalam mengakses layanan kesehatan di fasilitas kesehatan (faskes). Tak hanya itu, Mobile JKN juga dianggap memudahkan dalam memastikan status kepesertaan. Sebab, hanya lewat aplikasi ia bisa memeriksa secara rutin bagaimana iuran yang ditanggung dengan mudah dan hanya lewat genggaman. “Fitur dan menu yang ada di aplikasi ini beragam dan banyak sekali. Salah satunya fitur kartu digital. Kan sering saya atau istri lupa bawa kartu saat berobat, ketinggalan dompet lah atau ketinggalan tas lah. Kalau ponsel mah itu kan jarang lupa, selalu dibawa. Otomatis ya aplikasi itu membantu sekali lah, sangat bermanfaat. Pengalaman saya, sangat memudahkan untuk mengakses layanan kesehatan di fasilitas kesehatan,” pungkasnya. (*/ mam/py)