METROPOLITAN - Kantor Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Korwil III Cicurug memastikan untuk memberi pelayanan KTP-el yang terbaik kepada masyarakat saat ini masih terkendala beberapa faktor. Salah satunya terkendala ribbon yang merupakan bahan film untuk percetakannya.
”Kebutuhan ini sangat vital untuk mendapatkan perhatian serta solusinya. Kemungkinan hal tersebut memerlukan penyegaran dari anggaran,” ujar Korwil III Cicurug Sobari saat ditemui Metropolitan, kemarin.
Untuk pelayanan lainnya, menurut Sobari, terbilang masih lancar, termasuk blanko Kartu Keluarga (KK). Setiap hari kami bisa melayani sampai 250 KK sehingga dalam sebulan bisa 6.000-an KK terlayani. ”Sementara untuk akta kelahiran per hari bisa mencapai 200 akta. Jadi per bulannya rata-rata bisa mencapai 5.000-an akta,” katanya.
Sobari menuturkan, jika KTP-el dalam setiap bulannya dari dinas kabupaten mendapat pasokan 1 ribbon untuk 500 KTP-el per dua minggu sekali. ”Jadi kendala ribbon dalam pelayanan KTP-el terjadi untuk seluruh korwil di Kabupaten Sukabumi,” terangnya.
Sobari menjelaskan, untuk Juli 2018 lalu saja yang siap cetak sejumlah 11.000 KTP-el, sekarang masih tertunda karena ribbon dan filmnya terbatas. “Mungkin pasokan dari kementeriannya yang terbatas atau bagaimana, tapi yang jelas seharusnya ada solusi untuk masalah ribbon ini,” tandasnya. (kng/ade/mam/run)