METROPOLITAN – Perusahaan e- Commerce Shopee akan menggelar diskon gede-gedean pada 11 November bertajuk ’Shopee 11.11 Big Sale’ serentak di Asia Tenggara dan Taiwan. Berbagai promosi pada Festival Belanja tersebut sudah dimulai Kamis (25/10). Perhelatan diskon besar-besaran itu hadir dengan riset yang dilakukan bersama Facebook mengenai tren belanja daring. Berdasarkan riset tersebut, mayoritas peminat belanja di Asia Tenggara dan Taiwan menganggap Singles Day yang jatuh setiap 11 November sebagai bagian yang tak terpisahkan dari periode belanja akhir tahun. Dari enam negara di Asia Pasifik, tercatat ada konversi yang lebih tinggi sebesar 1,3 kali lipat pada 11 November ketimbang periode biasanya. Hal itu terjadi lantaran penggunaan gawai tumbuh 76 persen selama musim liburan. “Dari segi sistem Shopee sudah mempersiapkan festival ini sejak lama untuk mengantisipasi peningkatan trafik,” ujar Director of Shopee Indonesia, Handhika Jahja. Handika menuturkan, Festival Belanja ini ikut dilakukan untuk membantu perusahaan mencapai target menembus total transaksi senilai USD 8,2 miliar sepanjang 2018. Sepanjang semester I tahun ini, Shopee berhasil mencatatkan total transaksi (Gross Merchandise Value/GMV) senilai USD 4,1 miliar. Dengan total GMV kuartalan senilai USD 2,2 miliar pada kuartal II tahun ini. “Dari sisi annual GMV tentu kami masih on target,” imbuhnya. Sepanjang tahun lalu, Shopee mencatatkan total transaksi senilai USD 4,1 miliar atau tumbuh tiga kali lipat dibanding 2016. Indonesia disebut sebagai pasar terbesar dengan menyumbang sebesar 40 persen dari total transaksi yang terjadi dalam Shopee. Selain Indonesia, Shopee juga beroperasi di Singapura, Malaysia, Filipina, Thailand, Vietnam dan Taiwan. (rb/suf/py)