Sabtu, 28 Januari 2023

AWALNYA MUSALA, SUDAH ADA SEJAK 1950

- Jumat, 24 Mei 2019 | 13:39 WIB

Masjid Jami Al-Muasyaroh di Cilebut Pos, RT 01/05, Desa Cilebut Timur, Kecamatan Sukaraja, Kabupaten Bogor, merupakan salah satu sarana ibadah umat muslim tertua di desa tersebut. Keberadaannya ada sejak 1950. Awalnya sentral ibadah umat muslim itu berstatus musala, lalu pada 1985 ditingkatkan statusnya menjadi masjid dan bertahan hingga kini.

KINI masjid yang be­rada tepat di belakang Stasiun Cilebut itu memiliki luas bangu­nan 16x16 meter, dengan kapasitas daya tampung seba­nyak 500 jamaah pada dua lantai bangunan masjid. Informasi terhimpun, nama masjid yang memiliki arti penuh tenggang rasa dan adil itu diambil dari hasil musyawarah mufakat bersama para tokoh ma­syarakat dan tokoh agama setempat.

Ketua Dewan Kemakmuran Masjid (DKM) Jami Al-Muasya­roh Bakri menuturkan, keberadaan masjid juga sesuai arah Baitullah dan terus ditingkatkan renovasi bangunan agar jamaah nyaman saat menjalani ibadah di masjid tersebut. “Alhamdu­lillah, saat ini masjid sudah hampir rampung pada proses renovasinya. Kami targetkan tahun ini selesai se­cara keseluruhan. Seluruh anggaran­nya swadaya dengan total dana Rp2,2 miliar,” katanya kepada Metropolitan, kemarin.

Ia menjelaskan, masjid tersebut menjadi sentral ibadah di tiga RT se­jak puluhan tahun lalu. Ia berharap dengan keberadaan masjid yang ham­pir rampung itu menjadikan masjid semakin makmur oleh jamaah. “Ma­sjid ini memang menjadi pusat ke­giatan agama. Saya berharap masjid ini terus ramai oleh jamaah. Sehing­ga secara otomatis dapat dikatakan jamaah semakin meningkatkan uk­huwah iman dan Islam,” pungkasnya.

(yos/c/els/run)

 

Editor: admin metro

Tags

Terkini

X