Direkrur Umum (Dirum) Perusahaan Umum Daerah (Perumda) Bank Perkreditan Rakyat (BPR) Sukabumi, Wibowo HK, menyebut kinerja baik selalu jadi tuntutan korporasi. Tak hanya itu, Sumber Daya Manusia (SDM) yang bermutu tinggi dipastikan dapat bekerja dengan baik dan menghasilkan produk yang berkualitas tinggi.
Bahkan, prestasi kerja bukan saja membutuhkan SDM bermutu tapi perlu instrumen budaya kerja berupa perilaku kerja yang tercermin, di antaranya dalam kerja keras, ulet, disiplin, produktif, tanggung jawab, kreatif dan konsisten. ”Pemikiran tersebut menjadi dasar Perumda BPR Sukabumi untuk menyelenggarakan pelatihan implementasi strategi perubahan dalam perspekti budaya kerja pegawai Perumda BPR Sukabumi,” kata Wibowo.
Menurut Bowo, pelatihan yang digelarnya tersebut diikuti sekitar 63 peserta yang terdiri dari jajaran direksi dan para kepala cabang. ”Pelatihan ini bertujuan meningkatkan prestasi kerja dengan kerja keras, ulet, disiplin, produktif, tanggung jawab, kreatif dan konsisten,” ungkapnya.
Sementara itu, Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Sukabumi Iyos Somantri memastikan bahwa pekerja jangan pernah menunda pekerjaan dan harus disiplin. Selain itu, haruas bisa untuk menyejahterakan karyawan, nasabah dan masyarakat. ”Semua harus bekerja secara optimal dan sungguh-sungguh untuk mencapai target yang ditetapkan,” kata pria yang akrab disapa Iyos tersebut.
Menurut Iyos, seluruh personel Perumda BPR Sukabumi harus memiliki sifat entrepreneur yang mumpuni. ”Sifat entrepreneur perlu dikembangkan karena BPR harus mampu bekerja, berkolaborasi dan berinovasi untuk kemajuan perusahaan,” ungkapnya.
Perumda BPR, lanjut Iyos, harus mampu membangun jejaring yang kuat dan jangan terpaku pada satu pasar. ”Apalagi saat ini BPR Sukabumi sudah memiliki 13 cabang yang terbagi dari beberapa sub sistem divisi A, divisi B dan sub-sub sistem yang tersebar di seluruh wilayah Kabupaten Sukabumi,” terangnya.
Perumda BPR bisa menjadi badan usaha berkelas, tergantung kemauan, disiplin dan memiliki jiwa entrepreuner yang kuat. ”Karena itu, pertahankan posisi baik yang diraih selama ini agar BPR bisa terus berprestasi, baik dari segi pelayanan, pemasaran dan kesejahteraan,” ajaknya. (hms/hep/suf/run)