Senin, 22 Desember 2025

Gara-gara Hujan Deras, Perjalanan KRL Bogor - Jatinegara Terhambat

- Selasa, 25 Februari 2020 | 11:25 WIB

METROPOLITAN.id - Hujan yang mengguyur kawasan Jabodetabek sejak Senin (24/2) malam, hingga Selasa (25/2) siang, menyebabkan beberapa perjalanan Kereta Rel Listrik (KRL) Commuter Line terhambat. Berdasarkan informasi yang disampaikan oleh Kahumas PT KAI Daop 1 Jakarta, Eva Chairunisa, sejumlah lintasan kereta terendam oleh genangan air. Beberapa lokasi yang tergenang antara lain di Emplasemen Stasiun Kampung Bandan. Di sana, ketinggian air mencapai 15 sentimeter di atas kop rel. Sampai saat ini, jalur tersebut belum dapat dilintasi KA. Akibatnya, perjalanan KRL Dari Bogor menuju Jatinegara hanya sampai dengan Manggarai saja. Lalu, Pada Wesel 17 dan 18 Stasiun Jakarta Gudang, ketinggian air mencapai 15 sentimeter di atas kop rel. Kondisi tersebut menghambat proses perjalanan lokomotif KA Jarak Jauh. Di KM 2+7/8 sekitar area Sudirman Baru Jalur hulu dan hilir (antara Tanah Abang - Manggarai) Ketinggian Air mencapai 14 - 16 sentimeter. Hingga saat ini jalur tidak dapat dilalui KA. Perjalanan KRL dari Bogor menuju Tanah Abang - Jatinegara hanya sampai Stasiun Manggarai. Sedangkan, area perangkat wesel di Stasiun Pasar Senen tergenang air hingga 20 sentimeter di atas kop rel, sehingga arus listrik harus dipadamkan sementara. "Tidak hanya itu, Depo Lokomotif Jatinegara saat ini kondisinya tergenang air, yang mengakibatkan kereta jarak jauh belum bisa beroperasi sesuai jadwal, mengingat jalur rel pada depo belum dapat dilalui," kata Eva, Selasa (25/2). Atas kondisi sejumlah prasarana yang terdampak banjir tersebut, maka untuk keselamatan dan keamanan perjalanan Kereta Api, PT KAI Daop 1 melakukan sejumlah langkah. Mulai dari perubahan pola operasi hingga pembatalan perjalanan. "Hingga kini seluruh tim PT KAI Daop 1 Jakarta terus melakukan pemantauan kondisi dilintas untuk dapat memastikan keselamatan dan keamanan perjalanan Kereta Api di sejumlah area jalur rel yang terdampak banjir," terangnya. PT KAI Daop 1 Jakarta juga memperkenankan para pengguna jasa yang terdampak gangguan diatas 60 menit untuk dapat melakukan pembatalan perjalanan dengan pengembalian bea 100% sesuai harga tiket. Selain itu, sebagai bentuk permohonan maaf, sejumlah pengguna jasa yang mengalami kelambatan tinggi juga mendapatkan layanan service recovery berupa makanan dan minuman.(dil)

Dilarang mengambil dan/atau menayangkan ulang sebagian atau keseluruhan artikel
di atas untuk konten akun media sosial komersil tanpa seizinĀ redaksi.

Tags

Terkini

X