Senin, 22 Desember 2025

Ngadu Soal Layanan BPJS Kesehatan Kota Bogor Via Daring

- Kamis, 13 Agustus 2020 | 13:11 WIB

METROPOLITAN.id - Setelah punya kanal layanan Mobile Jaminan Kesehatan Nasional (JKN), warga bisa ngadu soal layanan BPJS Kesehatan via daring melalui Chat Asistant JKN (Chika) dan Voice Interactive JKN (Vika). Kepala BPJS Kesehatan Cabang Bogor Fahrurozi mengatakan, Chika merupakan pelayanan informasi dan pengaduan melalui pesan chat yang direspon Artificial Intelegence atau sistem. Kanal ini menggunakan aplikasi Facebook Messenger, Telegram dan WhatsApp. Sedangkan Vika merupakan layanan informasi menggunakan mesin penjawab untuk mengecek status tagihan dan status kepesertaan JKN-KIS melalui BPJS Kesehatan Care Center 1500 400. “Peserta JKN-KIS lebih mudah untuk mendapatkan layanan informasi. Di Chika, peserta dapat mengakses informasi antara lain status kepesertaan, cek tagihan, lokasi fasilitas kesehatan, lokasi kantor cabang BPJS Kesehatan, registrasi peserta dan ubah data peserta," katanya. Selain itu, aplikasi Mobile JKN ada enam fitur tambahan yang dapat diakses peserta JKN-KIS, untuk menambah kemudahan peserta dalam mengakses layanan kesehatan maupun mendapatkan informasi pelayanan JKN-KIS. Diantaranya ketersedian tempat tidur, konsultasi dokter, jadwal operasi, pendaftaran pelayanan, obat yang ditanggung, dan artikel Kesehatan. "Diharapkan dengan fitur-fitur tersebut peserta JKN-KIS tidak akan sulit untuk mendapatkan informasi dan mudah dalam mendapatkan pelayanan kesehatan," pungkasnya. (ryn)

Dilarang mengambil dan/atau menayangkan ulang sebagian atau keseluruhan artikel
di atas untuk konten akun media sosial komersil tanpa seizin redaksi.

Tags

Terkini

X