Rabu, 8 Februari 2023

Sekolah Tatap Muka di Luar Zona Merah Masih Diperbolehkan, Tapi Ada Syaratnya

- Rabu, 2 Februari 2022 | 20:51 WIB
Siswa SMA Negeri 2 Cibinong mengikuti simulasi pembelajaran tatap muka (PTM) di tengah pandemi Covid-19, Senin (15/3). Ada 170 sekolah di Kabupaten Bogor yang diizinkan menggelar simulasi PTM mulai hari ini. (Arie/MG/Metropolitan)
Siswa SMA Negeri 2 Cibinong mengikuti simulasi pembelajaran tatap muka (PTM) di tengah pandemi Covid-19, Senin (15/3). Ada 170 sekolah di Kabupaten Bogor yang diizinkan menggelar simulasi PTM mulai hari ini. (Arie/MG/Metropolitan)

METROPOLITAN.id - Pembelajaran tatap muka (PTM)  terbatas di sekolah yang masuk wilayah zona merah di Kabupaten Bogor resmi dihentikan. Meski demikian, sekolah yang ada di luar wilayah zona merah masih diizinkan untuk menggelar PTM terbatas. Hal itu disampaikan Bupati Bogor Ade Yasin saat rapat koordinasi bersama Satgas Covid-19 Kabupaten Bogor di Pendopo Bupati, Cibinong, Rabu (2/1).

"Sekolah selain yang berada di zona merah tetap bisa melaksanakan PTM terbatas," ujar Ade Yasin.

Meski diizinkan menggelar PTM terbatas, ketua Satgas Covid-19 Kabupaten Bogor ini meminta pelaksanaannya terus dipantau dan dievaluasi seiring perkembangan situasi kasus Covid-19. Jika kasusnya kian meninggi, PTM terbatas ini besar kemungkinan akan ditinjau ulang. “Kita lihat dulu perkembangannya, kalau tinggi terus berarti PTM terpaksa harus kita evaluasi,” ungkapnya. Sebelumnya, Bupati Bogor Ade Yasin menghentikan pembelajaran tatap muka (PTM) terbatas di sekolah yang masuk wilayah zona merah. Keputusan tersebut berlaku sejak hari ini, Rabu (2/2) hingga sepekan ke depan (8/2). Penghentian PTM ini berlaku untuk semua jenjang, mulai dari PAUD, TK, SD hingga SMP. Adapun kecamatan yang masuk zona merah yakni Cibinong, Citeureup, Gunung Putri, Bojonggede dan Gunungsindur. Semua pendidikan di wilayah tersebut kembali diberlakukan dengan sistem daring atau pembelajaran jarak jauh (PJJ). Selain itu, satuan pendidikan jenjang SMP di Kecamatan Ciomas dan Kemang juga dihentikan sementara. “Saya putuskan PTM Terbatas ditunda dulu untuk wilayah Cibinong, Bojonggede, dan daerah-daerah lainnya yang tingkat keterpaparannya tinggi atau berada di zona merah. Selama melaksanakan PJJ, agar Kepala Sekolah melaksanakan sterilisasi di lingkungan sekolahnya,” kata Ade Yasin. Belakangan, kasus Covid-19 di Kabupaten Bogor memang melonjak tajam. Angka penambahan kasus baru tembus hingga di atas 500 kasus per hari. Pada Selasa (1/2), Satgas Covid-19 Kabupaten Bogor mencatat ada penambahan 561 kasus baru dalam sehari. Melonjak dari sehari sebelumnya, Senin (31/1) dengan penambahan 337 kasus baru. Padahal, sejak awal Januari hingga pekan kedua, kasus Covid-19 di Kabupaten Bogor masih terbilang landai. Penambahan kasus per harinya jarang melebihi 10 kasus. Kenaikan perlahan mulai terjadi pada pekan ketiga Januari dan meledak sepekan belakangan hingga mencapai 500 kasus per hari. (fin)

Editor: Arifin

Tags

Terkini

Pesawat Susi Air Dibakar, Pilotnya Disandera OPM

Rabu, 8 Februari 2023 | 09:04 WIB
X