Jumat, 3 Februari 2023

4 Langkah Memaafkan Diri Sendiri, Demi Self Love serta Melepaskan Marah dan Dendam

- Rabu, 30 November 2022 | 17:21 WIB
ILUSTRASI.
ILUSTRASI.

METROPOLITAN.id - Memaafkan diri sendiri adalah keputusan yang disengaja untuk melepaskan perasaan marah, dendam, dan balas dendam terhadap seseorang yang diyakini telah berbuat salah kepada Anda. Memaafkan diri sendiri bukan berarti membuang kesalahan, tapi membenarkan suatu tindakan. Ketika Anda memaafkan diri sendiri, itu berarti Anda dapat menerima perilaku yang telah terjadi dan bersedia untuk pergi tanpa memikirkan peristiwa masa lalu yang tidak dapat diubah. Namun, kemampuan untuk memaafkan orang lain dengan murah hati akan sangat membantu untuk memaafkan diri sendiri.
  1. Responsibility ( Ambil Tanggung Jawab)
Memaafkan diri sendiri lebih dari sekadar melupakan masa lalu dan melanjutkan hidup. Ini tentang menerima apa yang terjadi dan menunjukkan kasih sayang untuk diri sendiri. Menghadapi apa yang kita lakukan atau terjadi adalah langkah ertama menuju pengampunan diri. Ini juga merupakan langkah tersulit jika Anda membuat alasan untuk merasionalisasi atau membenarkan perilaku Anda sebagai hal yang dapat diterima. Sekarang saatnya untuk menghadapi dan menerima apa yang telah Anda lakukan. Dengan mengambil tanggung jawab dan mengakui bahwa tindakan Anda menyakiti orang lain atau diri Anda sendiri, Anda dapat menghindari penyesalan dan rasa bersalah yang tidak semestinya.
  1. Remorse (Ekspresikan Penyesalan)
Akibat mengambil tanggung jawab, Anda mungkin mengalami berbagai emosi negatif, termasuk rasa bersalah dan malu. Ketika Anda melakukan sesuatu yang salah, sangatlah normal, bahkan sehat, untuk merasa bersalah karenanya. Perasaan bersalah dan penyesalan ini dapat berfungsi sebagai batu loncatan untuk perubahan perilaku yang positif. Jika rasa bersalah berarti Anda adalah orang baik yang telah melakukan hal-hal buruk, rasa malu membuat Anda berpikir bahwa Anda adalah orang jahat, yang menyebabkan perasaan tidak berharga yang jika tidak diatasi dapat menyebabkan kecanduan, depresi, dan agresi.
  1. Restoration (Perbaiki Kerusakan dan Pulihkan Kepercayaan)
Memperbaiki kesalahan adalah bagian penting dari memaafkan, termasuk memaafkan diri sendiri. Sama seperti Anda mungkin tidak memaafkan orang lain sampai mereka menebus kesalahan Anda, memaafkan diri sendiri juga tidak terkecuali. Salah satu cara untuk menghilangkan rasa bersalah adalah mengambil tindakan untuk memperbaiki kesalahan. Minta maaf bila perlu dan temukan cara untuk menebus kesalahan siapa pun yang Anda sakiti. Sepertinya bagian dari proses ini hanya menguntungkan mereka yang telah Anda sakiti, tetapi Anda juga bisa dibebaskan.
  1. Renewal (Fokus pada Pembaruan)
Semua orang membuat kesalahan dan penyesalan. Jatuh ke dalam perangkap perenungan, membenci diri sendiri, atau bahkan mengasihani diri sendiri dapat merusak dan mempersulit mempertahankan harga diri dan motivasi diri. Memaafkan diri sendiri seringkali membutuhkan cara untuk belajar dari pengalaman dan tumbuh sebagai pribadi. Untuk melakukan ini, Anda perlu memahami mengapa Anda melakukan apa yang Anda lakukan dan mengapa Anda merasa bersalah. (lenteratimes.com)

Editor: Ryan Milan

Tags

Terkini

Formula E masih Punya Utang Rp90,7 Miliar

Kamis, 2 Februari 2023 | 15:00 WIB

Ingin Buah Hati Aktif dan Ceria, Yuk Simak Tips Ini

Kamis, 2 Februari 2023 | 12:18 WIB
X