Senin, 2 Oktober 2023

Jelang Pemilu 2024, Bacapres Anies Baswedan Blusukan ke Terminal Baranangsiang Bogor, Dicurhat Soal Ini

- Minggu, 17 September 2023 | 17:02 WIB
Bacapres Anies Baswedan melakukan diskusi bersama pemilik hingga sopir angkot yang ada di Kota Bogor.
Bacapres Anies Baswedan melakukan diskusi bersama pemilik hingga sopir angkot yang ada di Kota Bogor.

METROPOLITAN.id - Bakal Calon Presiden (Bacapres), Anies Baswedan melakukan blusukan ke Terminal Baranangsiang Bogor pada Minggu, 17 September 2023.

Dalam blusukan yang dilakukan jelang Pemilu 2024 atau Pilpres itu, Bacapres Anies Baswedan dicurhat sejumlah pemilik hingga sopir angkot yang ada di Kota Bogor.

"Jadi siang ini saya mampir di komunitas Baranangsiang, bertemu dengan teman-teman dari Organda, kemudian juga dari pengurus masyarakat komunitas terminal, ada juga pengemudi angkot," kata Bacapres Anies Baswedan kepada wartawan.

"Kami tadi mendengarkan apa-apa yang menjadi aspirasi, hal-hal apa yang diharapkan bisa menjadi agenda perubahan," sambung dia.

Kebetulan, dijelaskan Bacapres Anies Baswedan, ketika dirinya bertugas sebagai Gubernur DKI Jakarta, salah satu transformasi yang dilakukan adalah pengintegrasian transportasi umum.

Kegiatan blusukan Bacapres Anies Baswedan di Terminal Baranangsiang Bogor.
Kegiatan blusukan Bacapres Anies Baswedan di Terminal Baranangsiang Bogor.

Di mana, transformasi ini berhasil membuat cakupan kendaraan umum di Jakarta, yang tadinya hanya mengcover 42 persen wilayah Jakarta menjadi lebih dari 90 persen.

Kemudian, penumpang harian kendaraan umum dari sekitar 350 ribu menjadi 1 juta penumpang perhari, dan itu dilakukan melalui pembentukan sebuah sistem bernama JakLingko.

"Nah ini adalah komitmen pemerintah untuk bisa membuat masyarakat beralih ke kendaraan umum dan kegiatan usaha kendaraan umum hidup dengan kepastian, sehingga kegiatan usahanya bisa berkembang, masyarakatnya terlayani, nah itulah sistem yang selama ini dibangun di Jakarta," ucap Bacapres Anies Baswedan.

"Nah tadi kami mendengar apa yang menjadi aspirasi, dan mudah-mudahan ini menjadi bahan bagi kami untuk nanti menyusun kebijakan, karena persoalan transportasi umum bukan hanya dialami oleh satu dua kota tapi kota-kota di seluruh Indonesia memerlukan solusi kendaraan mobilitas dalam kota yang baik yang benar," lanjut dia.

Karena begini, dilanjutkan Bacapres Anies Baswedan, salah satu indikator kemajuan kota adalah majunya fasilitas transportasi umum, semakin banyak penduduk kota menggunakan kendaraan umum, maka kota itu akan menjadi semakin maju dan tentu polusi hingga kemacetan bisa berkurang.

"Jadi tadi ngobrol senang sekali mendengar aspirasi dari mereka, dan mereka semua adalah pelaku," ungkap dia.

"Tadi saya sampaikan, punya kewenangan bukan berarti punya pengetahuan, dalam menyusun kebijakan harus selalu berdiskusi mendengar dengan para pelaku-pelaku," ujar Bacapres Anies Baswedan.

Sementara itu, Ketua DPC Organda Kota Bogor, Sunaryana mengucapkan terima kasih kepada Bacapres Anies Baswedan atas kunjungannya ke Terminal Baranangsiang Bogor.

Halaman:

Editor: Muhammad Reza Malik

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Ulama Jawa Barat Dukung Ridwan Kamil Jadi Cawapres

Minggu, 1 Oktober 2023 | 21:59 WIB

Herry Setiawan Didapuk Jadi Ketua KPU Kabupaten Bogor

Kamis, 28 September 2023 | 14:28 WIB

Sah! Kaesang Pangarep Resmi Gabung PSI

Sabtu, 23 September 2023 | 14:24 WIB
X