Jumat, 3 Februari 2023

Kapal Pesiar Rusak Karang Raja Ampat

- Jumat, 17 Maret 2017 | 03:00 WIB

METROPOLITAN – Terumbu karang di Raja Ampat mengalami sejumlah kerusakan. Hal itu diawali dari masuknya sebuah kapal pesiar bernama MV Caledonian Sky yang memiliki bobot 4.200 GT pada 3 Maret 2017.

Setelah mengelilingi pulau untuk mengamati keanekaragaman burung serta menikmati pementasan seni, para penumpang kembali ke kapal pada siang hari 4 Maret 2017.

Kapal pesiar tersebut kemudian melanjutkan perjalanan ke Bitung pada pukul 12.41 WIT. Di tengah perjalanan menuju Bitung, MV Caledonian Sky kandas di atas sekumpulan terumbu karang di Raja Ampat.

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi pun menyatakan prihatin dengan kejadian ini. Ia mengatakan, terdapat kesalahan dalam kejadian ini yang harus diungkapkan.

"Sebenarnya sudah diatur di mana mereka bisa melakukan kegiatan, mana yang tidak bisa dipastikan dia tidak mengikuti pola yang sudah diatur opsinya. Kita akan melihat aturan yang berlaku dan kami akan melaporkan kepada Pak Menko Maritim untuk tindak lanjut terhadap apa yang akan dilakukan," tuturnya di Kompleks Istana Negara, Jakarta.

Budi Karya melanjutkan, mustahil kapal pesiar tak mengetahui tentang kedalaman perairan dalam setiap pelayanan. Upaya klarifikasi pun akan dilakukan. Salah satunya adalah dengan memanggil para syahbandar dan pemerintah daerah setempat.

"Ya makanya kita akan klarifikasi. Kita akan melihat satu sisi dari sisi yang lain seperti apa-apa yang dilakukan saat itu," jelasnya.

Aturan izin pelayaran kapal pesiar pada laut pun akan kembali dilihat oleh pemerintah. Bahkan, apabila diperlukan, aturan ini akan direvisi.

"Ya pasti kita kan memang spreading tempat ini begitu luas Apalagi yang khusus seperti itu kita memang akan tentukan dengan sesuatu kualifikasi penjagaan yang lebih baik," ungkapnya.

Halaman:

Editor: admin metro

Tags

Terkini

Formula E masih Punya Utang Rp90,7 Miliar

Kamis, 2 Februari 2023 | 15:00 WIB

Ingin Buah Hati Aktif dan Ceria, Yuk Simak Tips Ini

Kamis, 2 Februari 2023 | 12:18 WIB
X