Senin, 22 Desember 2025

Ini Dia 4 Trik Agar Dapatkan Pelanggan Loyal

- Sabtu, 1 April 2017 | 22:00 WIB

jawaban Anda strategi pemasaran melalui sosial media atau pengembangan produk, maka jawaban Anda salah. Tahun ini, layanan pelanggan dianggap menjadi faktor penentu sebuah brand.

Pelayanan terhadap pelanggan bisa menjadi alat pemasaran terbaik, terutama jika Anda berhasil menyenangkan pelanggan, dipastikan mereka akan kembali lagi, dan bisa jadi membawa pelangga lainnya.

Pelanggan dapat mengetahui saat itu juga apakah mereka akan menggunakan produk Anda. Jika perusahaan gagal untuk menyediakan pelayanan yang baik, dan pelanggan tersebut menulis review negatif maka taruhannya adalah bisnis Anda.

Berikut ini beberapa trik yang bisa Anda gunakan untuk memberikan pelanggan pelayanan yang terbaik, seperti Entrepreneur.

  1. Cari tahu tentang pelanggan

Pemikiran simple, jika Anda tidak mengetahui pelanggan, bagaimana Anda bisa memahaminya. Lakukan analisa, dan spesifikasikan pelanggan yang 'berkualitas' menjadi prioritas.

Misalnya, jika Anda bekerja menjadi manager di sebuah retoran di satu kota, dan Anda memutuskan untuk memperluas lokasi ke kota lain. Tentu saja Anda butuh formula baru, karena beda kota bisa beda juga sifat pelanggannya.

Pahami pelanggan Anda, cari tahu kebutuhan mereka, dan lakukan analisis khalayak yang komprehensif. Jangan cepat mengeksekusi, tapi pahami dulu target demografis Anda.

  1. Ciptakan lingkungan yang ramah

Sifat manusia pada dasarnya ingin menghabiskan waktu di lingkungan yang baik, dan bersih, tak ada yang ingin berbelanja di tempat kotor, makan di tempat kotor, tidak teratur dan tidak ramah.

Menurut sebuah penelitian, suasana yang menyenangkan berada di peringkat atas. Ciptakanlah suasana yang nyaman dengan pelanggan, perhatikan hal detail atau sekecil apapun. Misalnya, pelanggan akan selalu mengingat hiasan dinding, bahkan hal detai seperti serbet yang rapi, logo hingga sambutan dan pelayanan yang diberikan.

  1. Menjamin transparansi

Pelanggan terkadang ingin mengetahui dengan jelas tentang produk Anda, atau layanan yang mereka 'beli', sehingga Anda harus menjelaskannya dengan detail, beritahu tentang sejarahnya, bahkan hal detai tentang produk Anda.

Survei menunjukkan bahwa sebanyak 56% pelanggan senang jika diberikan informasi yang lebih detail tentang produk karena membuatnya percaya. Selain itu, 94% pelanggan bahkan akan setia pada produk tersebut jika diberikan penawaran yang lengkap dan transparan tentang produk tersebut.

  1. Adanya feedback

Pelanggan tentu akan berbicara tentang pengalamannya menggunakan produk Anda, baik bercerita kepada teman-temannya atau menulis review di situs. Jadi sebaiknya, jika pelanggan Anda berniat memberikan saran kepada pelayanan atau produk, sebaiknya mintalah mereka untuk berbagi dengan Anda.

Anda juga bisa melakukannya dengan mengirimkan survei melalui email atau kartu secara langsung. Dengan begitu, Anda bisa berkesempatan untuk memperbaiki, dan mengurangi kesalahan serta meningkatkan peluang loyalitas pelanggan Anda.

SUMBER : okezone

Dilarang mengambil dan/atau menayangkan ulang sebagian atau keseluruhan artikel
di atas untuk konten akun media sosial komersil tanpa seizinĀ redaksi.

Tags

Terkini

X