Minggu, 26 Maret 2023

AJAK MASYARAKAT OPTIMALKAN PERAN DI PILKADA SERENTAK

- Senin, 22 Januari 2018 | 10:29 WIB

-
METROPOLITAN - Masyarakat di 171 daerah yang menggelar pilkada serentak 2018, diimbau untuk bersiap-siap. Sebab, Komisi Pemilihan Umum (KPU) telah memulai kegiatan pencocokan dan penelitian (coklit). “Coklit nya sudah kita mulai pada Sabtu 20 Januari 2018 lalu,” kata ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Sukabumi, Dede Haryadi, kemarin.

Petugas panitia pemutakhiran data pemilih (PPDP), kata Dede, akan berkunjung ke rumah warga secara langsung untuk melakukan coklit data pemilih tetap (DPT) terakhir hasil sinkronisasi dengan daftar penduduk pemilih potensial pemilu (DP4). “Di Kabupaten Sukabumi sejumlah petugas dari KPU telah disebar untuk melakukan coklit,” jelas Dede.

Kegiatan coklit akan berlangsung selama sebulan, atau tepatnya berakhir pada 18 Februari 2018. “Gerakan coklit nasional ini bukan hanya bagi penyelenggara pemilu, melainkan juga pengawas pemilu dan juga pemilih," kata Dede.

Dibagian lain, Bupati Sukabumi H Marwan Hamami bersama istri, Hj Yani Jatnika Marwan, begitu serius mendengarkan penjelasan dan mengikuti proses coklit tersebut. Keduanya memastikan bahwa dirinya beserta anggota keluarga masuk dalam DPT untuk pilkada serentak 2018 ini. “Dihimbau kepada masyarakat untuk bersiap - siap dan memberikan informasi kepada petugas pendataan dalam proses coklit ini. Siap -siap lakukan coklit, berikan masukan dan cocokan data pada petugas, cermati jumlah dalam keluarga, karena hal ini akan sangat menentukan dalam proses pemilihan nanti," terangnya

Bupati berharap masyarakat dapat memberikan peran yang optimal setelah melakukan pencocokan dan penelitaan data serta mengimbau masyarakat untuk dapat terlibat dalam pemilihan nanti. "Masyarakat dapat mengoptimalkan perannya, jangan sampai tidak hadir di tempat pemungutan, karena ini akan mempunyai dampak nantinya, bagi orang - orang yang mendukung calon yang bagus, lantas mereka tidak datang dan tidak memilihkan sayang," imbuhnya.

PETUGAS JUGA PPDP SAMBANGI KEDIAMAN KETUA DPRD Kediaman Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Sukabumi, H Agus Mulyadi, yang terelatak di Jalan Raya Siliwangi Kampung Legok, Desa Benda, Kecamatan Cicurug, juga disambangi anggota PPDP Cicurug. Kedatangan mereka tidak lain hanya untuk melakukan pendataan daftar pemilih untuk pelaksanaan pilkada serentak. “Kunjungan petugas itu, karena saya adalah sebagai salah satu warga masyarakat yang memiliki hak untuk mendapatkan kunjungan dari para petugas PPDP,” kata Agus kepada Metropolitan.

Agus pun mengucapkan banyak terima kasih kepada KPU, Panwas dan petugas pelaksana. Dirinya juga menyampaikan sistem informasi Partai Politik (Sipol) KPU di Kabupaten Sukabumi sudah terlaksana. “Mudah-mudahan dari mulai pendataan hingga pelaksanaan pemilihan Gubernur Jawa Barat dapat berjalan dengan sukses dan lancar," harapnya.

Ketua Panwas Kecamatan Cicurug, Dadad Handriyan, menyampaikan bahwa Penwascam

Editor: Administrator

Tags

Terkini

X