Rabu, 1 Februari 2023

18.128 Kartu BPJS Warga Sukabumi Dinonaktifkan

- Rabu, 7 Agustus 2019 | 11:11 WIB

METROPOLITAN - Sebanyak 18.128 warga Kabupaten Sukabumi terkena imbas keluarnya Surat Keterangan (SK) Kementerian Sosial (Kemensos) terkait nonaktifnya kartu Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan khusus Penerima Bantuan Iuran (PBI).

Kepala Seksi Data dan Informasi Kemiskinan Dinas Sosial Kabupaten Sukabumi Roni Ramdansyah mengatakan, peserta yang dinonaktifkan lantaran namanya tidak masuk Basis Data Terpadu (BDT). “Dari 1,3 juta penduduk di Kabupaten Sukabumi, ada 18.128 orang yang terpaksa dinonaktifkan. Selain itu dari 2014 hingga 2016, tergolong pasif," tuturnya.

Rudi mengaku pihaknya kini terus melakukan verifikasi ulang. Sebab dengan kebijakan tersebut tentunya akan berdampak pada kemudahan akses warga dalam mendapatkan pengobatan. "Kita lakukan verifikasi untuk validasi data dulu. Apakah mereka layak diberikan PBI atau tidak, kami akan laksanakan besok. Kita perlu satu-dua bulan, Insya Allah," jelasnya.

Meski begitu, pihak Dinsos Kabupaten Sukabumi telah memikirkan efek dari penonaktifan PBI itu. Yakni berkoordinasi dengan Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Sukabumi. "Kita juga sudah bicarakan dengan Dinkes Kabupaten Sukabumi terkait hal ini. Jadi masyarakat Kabupaten Sukabumi yang sakit bisa ditangani," tutupnya. (dna/ade/feb/run)

Editor: Administrator

Tags

Terkini

Ikuti Workshop Bisnis bjb PESATkan UMKM di Palembang

Selasa, 31 Januari 2023 | 16:26 WIB
X