Senin, 22 Desember 2025

Pelayanan Pemkab Bogor Dapat Nilai B

- Jumat, 27 September 2019 | 13:56 WIB

METROPOLITAN - Setelah menda­pat penilaian dari Ombudsman RI, pelayanan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bogor juga dinilai Kemen­terian Pendayagunaan Aparatur Ne­gara dan Reformasi Birokrasi (Kemen­PAN-RB). Hasilnya, nilai pelayanan di Kabupaten Bogor baru mencapai angka 61,37 poin atau jika dipredikat­kan, baru mendapatkan nilai B. Se­mentara terkait akuntabilitas kinerja pada penilaian Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (AKIP), Kabupa­ten Bogor baru mendapat nilai 65,14 atau masih mendapat predikat B. Wakil Bupati Bogor Iwan Setiawan mengakui hal tersebut. Namun ia ber­janji di bawah kepemimpinan dirinya dan Ade Yasin, Pemkab Bogor akan berbenah diri untuk memberikan pe­layanan yang lebih baik lagi untuk 5,8 juta jiwa masyarakat Kabupaten Bogor. ”Dengan semangat dan komitmen, kami berharap tahun ini dapat mening­kat menjadi kategori BB. Ada beberapa pelayanan di dinas yang harus dilaku­kan evaluasi,” katanya kepada awak media, kemarin. Saat ini, jelas Iwan, salah satu upaya yang telah ditempuh Pemkab Bogor adalah melakukan penataan kelemba­gaan dengan membentuk unit kerja bagian reformasi birokrasi dan akun­tabilitas kinerja pada setda. Hal itu sudah ditetapkan melalui Peraturan Bupati (Perbup) Nomor 40 Tahun 2019. “Dari aspek pelayanan publik sebagai sasaran reformasi birokrasi terus beru­paya meningkatkan transparansi dan akuntabilitas pada perangkat daerah yang memberikan pelayanan langsung kepada masyarakat,” tuturnya. Beberapa pelayanan itu pula yang kemudian menjadi prioritas untuk die­valuasi secara total. Seperti pelayanan perizinan dan penanaman modal, pe­layanan administrasi kependudukan, pelayanan kesehatan pada rumah sakit daerah dan puskesmas, pelayanan pengadaan barang dan jasa. Iwan melanjutkan, evaluasi itu juga menjadi wujud komitmen untuk Ka­bupaten Bogor dalam menyeleng­garakan tata kelola pemerintahan yang semakin baik dan bersih. Terutama agar sejalan dengan sasaran reformasi birokrasi, yaitu mewujudkan pemerin­tahan yang akuntabel, bersih, berki­nerja tinggi, efektif dan efisien. (cr2/c/ els/run

Dilarang mengambil dan/atau menayangkan ulang sebagian atau keseluruhan artikel
di atas untuk konten akun media sosial komersil tanpa seizin redaksi.

Tags

Terkini

X