Jumat, 3 Februari 2023

Erick Thohir Berikan Amanat untuk Plt Dirut Garuda Fuad Rizal.

- Minggu, 15 Desember 2019 | 02:00 WIB

METROPOLITAN - Pelaksana Tugas (Plt) Direktur Utama Garuda IndonesiaFuad Rizal mengatakan ia mendapatkan pesan dari Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Erick Thohir. Fuad menjelaskan, Erick Thohir berpesan untuk tetap menjaga akhlak serta berkomitmen pada menteri, presiden, serta negara. Hal tersebut disampaikan Fuad dalam video yang diunggah di kanal YouTube Kompas TV, Kamis (12/12/2019).
Fuad juga menuturkan sudah menunjuk beberapa nama untuk menjadi pelaksana harian (Plh). Plh mempunyai tugas untuk melakukan kegiatan operasional yang dilakukan maskapai Garuda Indonesia sehari-hari. "Plh-plh untuk menjalankan kegiatan operasional sehari-hari di Garuda sudah kita tunjuk," jelas Fuad. "Kemudian arahan dari Pak Erick adalah mengingatkan kita untuk selalu menjaga akhlak dan loyalitas kepada menteri, presiden, dan negara," tandasnya. Fuad juga menyampaikan dirinya serta Plh yang lain akan menjalankan tugas sebagai pengganti para pemimpin sebelumnya. Para pelaksana tugas akan bekerja hingga Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPSLB) diselenggarakan. Rapat pemegang saham dilakukan terkait status perusahaan Garuda Indonesia yang merupakan persero terbuka (tbk). Menurut penuturan Fuad, RUPSLB tersebut akan diadakan pada Rabu (22/1/2020) mendatang. "Kemudian poin lain yang disampaikan adalah tugas kami semua saat ini adalah untuk menjaga operasional perusahaan sampai dengan RUPSLB yang akan kita selenggarakan pada tanggal 22 Januari 2020," terang Fuad. Sebelumnya, Direktur Utama serta beberapa jajaran Direksi Garuda lainnya diberhentikan sementara terkait kasus dugaan penyelundupan Harley Davidson dan sepeda lipat Brompton.
Pemberhentian sementara jajaran direksi tersebut berdasarkan keputusan yang diambil setelah dilaksanakannya pertemuan Dewan Komisaris dengan Erick Thohir. Kedua pihak bertemu di kantor Kementerian BUMN, Sabtu (7/12/2019). Komisaris Utama Garuda Indonesia, Sahala Lumban Gaol mengatakan semua anggota direksi dinonaktifkan sementara terkait dugaan keterlibatan langsung maupun tidak langsung penyelundupan Harley Davidson dan sepeda Brompton. Pernyataan tersebut disampaikan dalam video yang diunggah di kanal YouTube Kompas TV, Sabtu (7/12/2019). "Akan memberhentikan sementara waktu semua anggota direksi yang terindikasi terlibat secara langsung maupun tidak langsung," terang Sahala. "Dalam kasus dugaan penyelundupan Harley Davidson dan sepeda Brompton," tandasnya. Ketua Ikatan Awak Kabin Garuda Indonesia (IKAGI), Zaenal Muttaqin merasa senang atas pencopotan jabatan Direktur Utama yang diduduki oleh I Gusti Ngurah Askhara Danadiputra atau Ari Askhara. Hal tersebut diungkapkan Zaenal melalui telewicara dalam acara Sapa Indonesia Akhir Pekan yang videonya diunggah di kanal YouTube Kompas TV, Jumat (6/12/2019). Zaenal mengungkapkan, pencopotan yang dilakukan oleh Erick Thohir seperti menjawab doa-doa yang dipanjatkan oleh para pegawai. Menurut penuturan Zaenal, banyak pegawai yang sudah tidak tahan selama kepemimpinan Ari Askhara.
Namun mereka tidak dapat melakukan apa-apa selain mengikuti apa yang sudah ditetapkan. Zaenal mengatakan, sebagai ungkapan senang atas keputusan Erick Thohir tersebut, IKAGI mengirimkan karangan bunga ke Kementerian BUMN.

Editor: Administrator

Tags

Terkini

Menghilangkan Bau Durian Secara Ampuh, Begini Tipsnya

Jumat, 3 Februari 2023 | 19:11 WIB

SMKPP Kementan Bekali Calon Wirausaha Muda Pertanian

Jumat, 3 Februari 2023 | 15:00 WIB
X