METROPOLITAN.id - Meski pandemi menerpa hampir sepanjang tahun 2020 dan belum berhenti sampai sekarang, namun para pencinta kuliner di Indonesia tentunya tidak mau kehilangan kesempatan untuk mencicipi berbagai macam makanan. Keberadaan featured GoFood dari aplikasi Go-Jek, jadi salah satu andalan bagi masyarakat yang ingin makan tapi terbatas ruang geraknya karena berada ditengah pandemi. Menariknya, berdasarkan hasil evaluasi yang dilakukan oleh tim Go-Jek, featured GoFood lebih dari layanan pesan-antar makanan. GoFood juga berperan dalam membentuk tren kuliner sebagai barometer bagi pelanggan dan pelaku usaha kuliner. Bahkan, dalam empat tahun terakhir, pendapatan GoFood meningkat 20 kali lipat sehingga walaupun dihadapkan dengan situasi pandemi, GoFood berhasil mencetak kontribusi margin positif di tahun 2020. Hal itu diungkapkan Chief Food Officer Gojek Group, Catherine Hindra Sutjahyo. Ia mengungkapkan, sukses beradaptasi di masa pandemi 2020, GoFood akan terus kembangkan teknologi personalisasi untuk hadirkan pengalaman terbaik pelanggan, serta perkuat peran sebagai acuan kuliner utama di Indonesia melalui beberapa fitur sepanjang tahun 2021. "Hadirkan kenyamanan pelanggan untuk menjelajah kuliner selalu menjadi menjadi prioritas utama GoFood," ujar Catherine. Tak hanya itu, teknologi GoFood memungkinkan pelanggan untuk tidak hanya mengandalkan GoFood sebagai pengantaran makanan, namun juga menjadi destinasi bagi pelanggan untuk mengeksplorasi lebih dari 20 juta item menu makanan dan minuman di seluruh Indonesia, sesuai dengan kegemaran pelanggan. "Berkat teknologi personalisasi, tiap pelanggan GoFood mendapatkan tampilan rekomendasi kuliner berbeda yang disesuaikan dengan preferensi masing-masing," jelas Catherine. Sementara untuk tren kuliner di tahun 2020, menu kuliner terlaris masih didominasi oleh dua juara bertahan yaitu ayam goreng dan kopi susu. Dua menu ini masih menjadi menu makanan favorit masyarakat Indonesia terutama di masa pandemi. Sebab menu tersebut menjadi santapan wajib selama masyarakat bekerja dan belajar dari rumah Sementara itu khusus di Kota Bogor, Strategic Region Head Gojek Jabodetabek, Dani Oktobianto W menyatakan bahwa pempek dan pisang goreng menjadi pendatang baru sebagai makanan terfavorit sepanjang tahun 2020. Namun, kopi susu dan ayam geprek masih diidolakan masyarakat Bogor untuk tahun 2021. "Diprediksi makanan korea, chicken curry, chicken biryani dan dessert box akan menjadi makanan terlaris. Prediksi kuliner ini dilihat dengan meningkatnya jumlah pesanan serta jumlah pencarian item menu tersebut di penghujung 2020 lalu. Prediksi ini dapat menjadi inspirasi bagi para mitra usaha yang tengah mempersiapkan kreasi menu andalan di tahun 2021," pungkasnya.(dil/b/ryn)