Minggu, 5 Februari 2023

Polisi Tangkap 5 Pengedar Uang Palsu, Jumlahnya Capai Rp1,5 Miliar

- Selasa, 17 Agustus 2021 | 17:23 WIB
Kapolres Bogor AKBP Harun dan Kapolsek Cileungsi Kompol Andri Alam menunjukan barang bukti uang palsu senilai sekitar Rp1,5 miliar saat konferensi pers di Mapolres Bogor, Selasa (17/8). Polisi juga menangkap lima tersangka dari kasus peredaran uang palsu tersebut. (Foto: Arifin/Metropolitan)
Kapolres Bogor AKBP Harun dan Kapolsek Cileungsi Kompol Andri Alam menunjukan barang bukti uang palsu senilai sekitar Rp1,5 miliar saat konferensi pers di Mapolres Bogor, Selasa (17/8). Polisi juga menangkap lima tersangka dari kasus peredaran uang palsu tersebut. (Foto: Arifin/Metropolitan)

METROPOLITAN.id - Polres Bogor melalui Polsek Cileungsi berhasil membongkar peredaran uang palsu di wilayah Kabupaten Bogor. Lima tersangka diringkus dengan jumlah uang palsu mencapai Rp1,5 miliar. Lima tersangka pengedar uang palsu tersebut yakni AG, AR, SD, EH, dan DR. Kasus ini bermula dari adanya laporan masyarakat yang menjadi korban peredaran uang palsu. Saat itu, 10 Agustus 2021, salah seorang pemilik warung kelontong di Desa Dayeuh, Kecamatan Cileungsi, Kabupaten Bogor, melaporkan adanya pembeli yang menggunakan uang palsu di warung miliknya. Mendapati laporan tersebut, Polsek Cileungsi langsung melakukan penyelidikan. Hasilnya, dua pelaku penyebar uang palsu tertangkap di Klapanunggal, Kabupaten Bogor, yakni AR dan AG. Keduanya diketahui telah membelanjakan uang palsu di 11 warung di Desa Mampir dan Desa Dayeuh, Kecamatan Cileungsi, Kabupaten Bogor.
-
Barang bukti uang palsu senilai sekitar Rp1,5 miliar dihadirkan Polres Bogor saat konferensi pers pengungkapan kasus peredaran uang palsu di Mapolres Bogor, Selasa (17/8). Polisi juga menangkap lima tersangka dari kasus tersebut. (Foto: Arifin/Metropolitan) Tak puas sampai di situ, polisi lalu melakukan pengembangan. Pengakuan pelaku, ia mendapat uang palsu dari tersangka SD alias Mbah Jambrong. Uang palsu tersebut dijual dengan selisih harga 1:3. Tiap Rp10 juta uang palsu didapat dengan harga Rp3 juta. Mbah Jambrong lantas menjadi bulan-bulanan polisi. Ia berhasil ditangkap di daerah Batujajar, Padalarang, Bandung.
-
Lima tersangka pengedar uang palsu dihadirkan Polres Bogor saat konferensi pers di Mapolres Bogor, Selasa (17/8). Polisi juga mengamankan barang bukti uang palsu sekitar Rp1,5 miliar dari kelima tersangka tersebut. (Foto: Arifin/Metropolitan) Rupanya, Mbah Jambrong mendspat uang palsu tersebut dari seseorang berinisial EH. EH menjadi perantara antara Mbah Kambrong dengan penjual uang palsu berinisial DR. Ketiganya ditangkap di lokasi berbeda di wilayah Bandung, Jawa Barat. "Total lima tersangka kita tangkap, dua di Bogor dan tiga di Bandung," ujar Kapolres Bogor, AKBP Harun saat konferensi pers pengungkapan uang palsu di Mapolres Bogor, Selasa (17/8). Dari tangan para tersengka, polisi mengamankan sejumlah barang bukti. Di antaranya, uang palsu pecahan Rp100.000 sebanyak 15 lembar, uang asli kembalian dari belanja uang palsu sebesar Rp3.330.000, 10 bungkus rokok hasil membelanjakan uang palsu, telpon genggam, satu sepeda motor, uang palsu sekitar Rp1 miliar pecahan Rp100.000 hasil pengembangan, beberapa lembar uang dollar, uang-uang jadul dan alat deteksi uang. Selanjutnya, para tersangka bakal dijerat Pasal 244 dan atau 245 KUHP. "Ancamannya 15 tahun penjara," tandasnya. (fin)

Editor: Arifin

Tags

Terkini

Nikmatnya Mie Ayam khas Jepang di Depok, Penasaran?

Minggu, 5 Februari 2023 | 09:18 WIB

Coba Yoga Vinyasa Yuk, Ini Tipsnya buat Pemula

Minggu, 5 Februari 2023 | 08:32 WIB
X