Rabu, 8 Februari 2023

Pembangunan Skybridge Stasiun Bogor-Stasiun Paledang Telan Waktu 10 Bulan

- Kamis, 7 April 2022 | 14:59 WIB
Suasana perlintasan kereta api di Jalan Kapten Muslihat, Kota Bogor. Di kawasan tersebut bakal dibangun skybrigde atau jembatan penghubung antara Stasiun Bogor dan Stasiun Paledang. (Foto:Fadli/Metropolitan)
Suasana perlintasan kereta api di Jalan Kapten Muslihat, Kota Bogor. Di kawasan tersebut bakal dibangun skybrigde atau jembatan penghubung antara Stasiun Bogor dan Stasiun Paledang. (Foto:Fadli/Metropolitan)

METROPOLITAN.id - Rencana pembangunan skybridge atau jembatan layang sepanjang 201 meter menghubungkan Stasiun Bogor dengan Stasiun Paledang, sebagai stasiun terakhir kereta Bogor-Sukabumi kian jadi kenyataan. Pekerjaan disebut tengah ditender April ini dan ditarget rampung pada tahun 2023 lantaran memerlukan waktu pembanguan sekitar 10 bulan. Hal itu diungkapkan Wali Kota Bogor Bima Arya. Menurutnya, Pemkot Bogor akan berkolaborasi dengan Kementerian Perhubungan serta PT Kereta Api Indonesia (KAI) untuk membangun fasilitas pendukung di kawasan tersebut. “Sekarang sedang proses lelang. Akan dibangun skybridge dari Stasiun Bogor menuju Stasiun Paledang dan terhubung juga ke Alun Alun. Insya Allah dibangun tahun ini dan akan selesai tahun depan, sekitar 10 bulan,” katanya, baru-baru ini. Ia mengaku sudah menyetujui desain dari skybridge yang akan dibangun. Termasuk untuk mempermudah warga bisa langsung akses ke Alun-Alun Kota Bogor. Namun, rencana ini disebut berdampak pada Jembatan Penyebrangan Orang (JPO) Paledang, yang bisa dibongkar saat skybridge rampung. "Jadi semua bisa lewat skybridge. Nanti kita kaji lagi, tadi sudah ada pembicaraan, kemungkinan yang lama (JPO, red) akan kita bongkar,” tukasnya. Terpisah, Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kota Bogor, Rudy Mashudi menuturkan bahwa proses perencanaan dan pelaksanaan kegiatan skybridge Stasiun Bogor-Stasiun Paledang berada di bawah Balai Besar Perkeretaapian Jabar. Terkait dengan rencana pembongkaran JPO Paledang, Rudy juga mengaku akan lebih represenratif bagi penyebrang untuk memanfaatkan skybridge. “Jika (skybridge) sudah terbangun, tentunya akan lebih nyaman. Kajiannya berada di Balai Besar Perkeretaapian Jabar,” tukasnya. Sebelumnya, Direktur Prasarana Perkeretaapian pada Ditjen Perkeretaapian, Harno Trimadi mengatakan bahwa sky bridge Stasiun Bogor-Stasiun Paledang rencananya akan ditender tahun 2022. "Kalau Stasiun Bogor harapan kami di 2022 kita sudah lelangkan. Untuk menghubungkan Stasiun Bogor dengan Paledang,” tukasnya. (ryn)

Editor: Ryan Milan

Tags

Terkini

Pesawat Susi Air Dibakar, Pilotnya Disandera OPM

Rabu, 8 Februari 2023 | 09:04 WIB
X